Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru akan menarapkan pelayanan pembuatan KTP Elektronik (e-KTP) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) keliling guna memberikan layanan maksimal kepada masyarakat di daerah-daerah.

Hal itu diungkapkan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dalam temu wicara bersama masyarakat Desa Sungai Durian Kecamatan Sungai Durian, Ahad.

"Saya bersama kepala Disdukcapil sudah mengusulkan mobil pelayanan Capil Keliling, nanti mobil itu akan bertugas ke kecamatan-kecamatan sehingga warga tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Kotabaru lagi untuk mengurus e-KTP atau Kartu Keluarga," kata bupati menjawab usulan Martinus, salah seorang warga dalam forum dialog tersebut.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan itu menambahkan, nanti kalau jaringan internet sudah bagus, maka pemerintah akan membuat layanan Capil Online, sehingga lebih memudahkan lagi untuk pengurusan hal yang menyangkut pencatatan sipil.

Hal senada disampaikan Ita, warga Desa Terombong Sari, yang meminta pembenahan jaringan internet di desanya.

Menjawab usulan tersebut, Sayed Jafar menyebut, dalam beberapa hari lagi, pihak provider jaringan seluler akan datang bertemu denganya dikantor.

"Pihak provider akan memasang dibeberapa titik yang sudah dipetakan, termasuk di sini bu," jawab Sayed Jafar yang kemudian disambut gembira warga yang hadir dalam forum tersebut.

Kegiatan temu wicara atau dialog bupati bersama masyarakat rutin digelar di masa pemerintahan Bupati Sayed Jafar, hal itu dimaksudkan mendengarkan beberapa usulan atau aspirasi dari masyarakat secara langsung.

Dalam acara tersebut, bupati juga menyerahkan bantuan berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada perwakilan warga dari Desa Terombong Sari, Gendang Timburu, Buluh Kuning, Rantau Budha, Manunggul Lama, dan Manunggul Baru.

Tampak hadir dalam acara itu Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Kepala SKPD, Sekretaris camat sungai durian beserta jajaran, Forkopimca sungai durian, tokoh agama dan ratusan warga Sungai Durian.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020