Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK berpendapat, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 bisa mendatangkan banyak berkah terutama bagi warga daerah setempat.

"Karena dalam HPN 2020 yang puncak peringatannya berlangsung di Kalsel bukan cuma hadir Presiden Joko Widodo, tapi juga sejumlah Menteri, dan beberapa Duta Besar (Dubes) negara sahabat," lanjutnya sebelum pembukaan pameran HPN 2020 di Banjarmasin, Jumat.

Kesemua itu (kedatangan Presiden, para Menteri dan Dubes), menurut politikus senior Partai Golkar tersebut, merupakan peluang yang cukup berharga serta dapat mendatangkan manfaat asalkan bisa memanfaatkan.

"Sebagai contoh kedatangan Menteri yang berhubungan dengan ekonomi dan keuangan, mungkin bisa kita manfaatkan untuk pertumbuhan dan perkembangan perekonomian daerah daerah dan masyarakat Kalsel," lanjutnya.

"Manfaat yang jelas para tamu HPN 2020 yang merupakan wisatawan nusantara dan mancanegara itu kemungkinan akan membelanjakan uang mereka, termasuk membeli oleh-oleh," tambah wakil rakyat yang bergelar sarjana dan magister hukum, serta mendapat gelar doktor kehormatan tersebut.

Menurut wakil rakyat yang memasuki periode kedua sebagai anggota DPRD Kalsel tersebut, oleh-oleh atau cindera mata di provinsinya yang terdiri atas 13 kabupaten/kota cukup beragam yaitu dari hasil hutan hingga berbagai produk industri kecil/industri rumah tangga.

"Hal tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung akan menumbuhkembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKN) atau ekonomi kerakyatan," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu.

"Oleh sebab itu, kita menyambut gembira atas kepercayaan kepada Kalsel sebagai tuan rumah HPN 2020 yang sudah barang tentu banyak mendatangkan dampak positif buat kemajuan daerah dan masyarakat kita, termasuk para insan pers," demikian Supian HK.
Logo HPN 2020 terdapat gambar Bekantan (kera hidung panjang), maskot fauna Kalsel. (Syamsuddin Hasan)

Beraneka ragam kegiatan menyambut dan memeriahkan peringatan HPN 2020 di "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" atau "Bumi Lambung Mangkurat" Kalsel, baik dari kalangan insan pers maupun pihak lain seperti pemerintah daerah (Pemda) setempat.

Sebagaimana Perum Kantor Berita Indonesia yang dulu bernama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara selain sebagai peserta pameran HPN 2020, juga menggelar kegiatan bertajuk "Antara Goes to Campus" di Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Jumat.

Dalam Antara Goes to Campus yang pembukaannya oleh Rektor ULM (d/h singkatannya Unlam) Prof Sutarto Hadi itu dengan topik "Nge Vlog Ala Kantor Berita Antara" dan mendapat sambutan hangat dari para mahasiswa perguruan tinggi negeri kebanggaan masyarakat Kalsel tersebut.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020