Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan melaksanakan Latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum selama tiga hari, yang di mulai tanggal 04 sampai dengan 06 Februari 2020, kegiatan dilaksanakan di area makodim setempat.

Komandan Latihan (DanLat) UTP Umum 2020 Kapten Infanteri Bambang Kiswoyo, di Kandangan, Kamis (6/2), mengatakan Latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) umum diikuti seluruh Prajurit Tamtama dan Bintara Kodim Kandangan beserta jajaranya, dengan tujuan untuk menguji tingkat keterampilan perorangan sesuai dengan kepangkatan.

Baca juga: Kecamatan Kalumpang jalur alternatif jemaah haulan Guru Sekumpul

"Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari," katanya, yang menjabat Pasi Ops Kodim 1003 Kandangan.

Dijelaskan dia, jumlah peserta yang terdata sebagai pelaku UTP sejumlah 137 orang, jumlah tersebut mengikuti tingkat keterampilan dua sampai dengan tingkat keterampilan tujuh. Untuk tingkat keterampilan satu tidak diujikan, dikarenakan di Kodim Kandangan tidak ada personel militer yang berpangkat Prajurit Dua(Prada).

Program pembinaan latihan pada Program Kerja 2020 diarahkan untuk meningkatkan kemampuan prajurit Kodim Kandangan secara perorangan maupun satuan, sesuai bidang keterampilannya guna mencapai standar kemampuan, sehingga dapat menunjang tugas pokok Kodim Kandangan.

Baca juga: Cegah DBD Koramil Simpur laksanakan gotong royong

Pembinaan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut sesuai dengan siklus latihan sesuai program latihan, sementara manfaat lainnya diarahkan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia aparat komando kewilayahan.

"Supaya aparat kita mempunyai kesiapan dalam melaksanakan tugas, serta kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan. Khususnya dalam menghadapi tugas-tugas pembinaan teritorial di wilayah binaannya," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020