Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 1003-06/Simpur Kapten Infanteri Abdi Brawijaya bersama anggota dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan melaksanakan gotong royong pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), di Desa Sirih, kecamatan Kalumpang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ia mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka untuk mewaspadai dan mengantisipasi wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan DBD banyak dijumpai terutama di daerah tropis.

Baca juga: Pemkab HSS gelar pisah sambut Dandim Kandangan

"Saya sebagai danramil di wilayah ini, sangat mendukung dengan diadakannya kegiatan seperti ini ke depannya, karena sehat itu sangatlah penting dan untuk lebih baik mencegah dari pada mengobati,“ katanya, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya DBD antara lain, rendahnya status kekebalan kelompok masyarakat, kepadatan populasi nyamuk penular karena banyaknya tempat perindukan nyamuk, yang biasanya terjadi pada musim penghujan dan lingkungan yang tidak bersih.

Baca juga: Pisah sambut Dandim Kandangan, ini pesan kesan Letkol Aji selama bertugas di HSS

Adapun gejala DBD adalah panas tinggi dan timbulnya bercak-bercak merah pada kulit, dan jika tidak segera ditangani akan berakibat fatal maka bagi yang terkena gejala tersebut untuk segera berobat ke fasilitas kesehatan yang ada.

Kegiatan gotong royong ini diikuti Camat Kalumpang beserta jajaran, Danramil 1003-06 beserta seluruh babinsa, kepala instansi se Kecamatan Kalumpang beserta jajaran, para kepala desa, perangkat desa serta warga setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020