Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah akan meluncurkan perpustakaan digital dengan 600 judul buku di dalamnya pada tahun ini.

Peluncuran perpustakaan digital itu, kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin H Akhmad Husain, Senin, bersamaan dengan diresmikannya gedung depo arsip baru Kota Banjarmasin.

"Secepatnya akan diresmikan pak wali kota gedung depo arsip baru daerah kita di Jalan RK Ilir Banjarmasin Selatan, sekalian peluncuran perpustakaan digital," ujarnya.

Husaini mengatakan, perpustakaan digital atau dengan aplikasi e-Perpus Banjarmasin tersebut sudah bisa diakses melalui HP android, di mana ada 1.200 eksemplar dengan 600 judul buku tersedia.
Baca juga: Banjarbaru miliki perpustakaan digital iBanjarbaru dan ruang literatur
Baca juga: Lailatanur : Pustakawan Harus Imbangi Kemajuan IT
Baca juga: Pemkab HSS Luncurkan Aplikasi Perpustakan Digital iHSS

"Jadi ini sebuah kemajuan era digital, kita harus mengikutinya, agar semua orang di mana saja bisa membaca buku, dan gemar membaca akan bisa meningkat," paparnya.

Selain perpustakaan digital itu, pihaknya juga terus meningkatkan operasional perpustakaan keliling, baik ke sekolah-sekolah maupun ke lingkungan masyarakat.

"Bahkan perpustakaan yang ada dibangun di RTH Kamboja juga akan diupayakan bisa beroperasi secepatnya," papar Husaini.

Untuk meningkatkan gemar membaca bagi anak-anak siswa, pihaknya juga melakukan kegiatan berdongeng, di mana ini juga mulai digelari, khususnya di tingkat siswa PAUD dan TK.

"Beragam upaya akan coba kita lakukan, sehingga semua anak di daerah ini gemar membaca dan kecerdasannya meningkat," pungkas Husaini.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020