Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani meluncurkan aplikasi layanan publik bernama iBanjarbaru atau Aplikasi Perpustakaan Digital yang dikelola Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banjarbaru. 

Peluncuran aplikasi diselenggarakan di ruang Wakapitu Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banjarbaru Kamis disaksikan Kadis Arsip dan pimpinan Aksaramaya, pengembang aplikasi iBanjarbaru.

"Kami sangat bangga atas peluncuran aplikasi. Ini adalah warisan yang sangat berharga bagi seluruh warga Banjarbaru," ujar wali kota didampingi Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan.

Disebutkan, perpustakaan digital adalah aplikasi berbasis media sosial yang akan memudahkan masyarakat mencari ribuan buku, meminjamnya dan membaca kapan saja, dimana saja dengan mudah.

Sementara, aplikasi iBanjarbaru merupakan aplikasi berbasis android dan sudah bisa diunduh melalui play store sehingga memudahkan setiap orang mengakses jaringan internet di wilayah kota itu. 

"Koleksi buku di aplikasi ini tahun depan semakin banyak sehingga harus diimbangi dengan kemampuan aplikasi yang bisa melayani sesuai kebutuhan masyarakat," ujar Kepala Dinas Arsip dan Perpusda Radius A. 

Wali Kota di sela kegiatan juga memperkenalkan ruang literatur yang merupakan salah satu ruangan di Perpustakaan yang didesain sebaik mungkin dengan literatur buku yang lengkap dan fasilitas nyaman.

Tujuan disiapkannya ruang literatur untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung sehingga mereka betah berlama-lama membaca buku di ruangan khusus. Namun koleksi buku tidak diperkenankan dipinjam.

"Buku hanya boleh dibaca di dalam ruangan dan ruangan literatur boleh dikunjungi siapa pun, termasuk para pelajar dan mahasiswa yang ingin mencari tempat belajar dan membaca yang nyaman," ujarnya. 

Diharapkan, masyarakat ikut aktif dalam menyosialisasikan aplikasi iBanjarbaru dan ruang literatur sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mencerdaskan masyarakat Banjarbaru.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019