Dari sembilan Mahasiswa asal Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, yang berkuliah di Negeri berjuluk Tirai Bambu, China, baru empat mahasiswa yang tiba di kampung halaman Bumi Sanggam julukan kabupaten setempat.

Merebaknya informasi penyebaran dan bahaya wabah Virus Corona di sebagian wilayah di Negeri China, Pemerintah Kabupaten Balanggan segera ambil sikap untuk memulangkan para Mahasiswa asal Bumi Sanggam, agar tidak tertular virus yang dapat mematikan tersebut.

Disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Abdul Basid, Selasa (4/2) bahwa delapan dari sembilan Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa dengan program beasiswa pemerintah, dan satu mahasiswa program mandiri atau biaya sendiri.

"Kini sudah empat Mahasiswa Balangan yang sudah berada di kampung halaman, sedangkan sisanya masih dalam proses kepulangan," ujarnya.

Dikatakan, bahwa informasi yang didapatkan oleh Dinas Pendidikan, keadaan semua mahasiswa Balangan dalam keadaan sehat dan baik.

"AlhamduliLLah sudah ada empat yang berada di Balangan, dua orang lagi sudah dalam perjalanan dan insya Allah Rabu (6/2) kemungkinan sudah tiba di Balangan," bebernya.

Ia menambahkan, untuk tiga mahasiswa lainnya juga sudah dalam upaya mengurus kepulangan, akan tetapi masih ada beberapa hal yang berkiatan dengan kampus tempat mereka kuliah yang harus diselesaikan terlebih dahulu, namun secepatnya juga akan pulang.

"Mahasiswa-mahasiswa tersebut merupakan para pelajar yang mendapatkan beasiswa pendidikan ke Negeri China dari Pemerintah Kabupaten Balangan dan Provinsi yang jumlahnya delapan orang ditambah satu orang yang kuliah secara mandiri," jelasnya.
 
Daftar Mahasiswa asal Kabupaten Balangan di China (Antaranews Kalsel/Roly Supriadi)

Berikut daftar nama mahasiswa Kabupaten Balangan, yang tercatat mengambil studi di Negeri China sampai dengan tahun 2020, sesuai data penerima Beasiswa Pemerintah Kabupaten Balangan, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Yang tercatat sudah berada di Balangan

Lutfi Rahman, Halong 23-1-1995, Jl Pembangunan RT 02, Kecamatan Halong, Kuliah di Hubei Polytechnic University, Program Studi Clinical Medicine, di Hubei Polytechnic University, Guilin Road 16, Tiongkok, Hubei, Huangshi.

Nur Syifa Fauzia, Batumandi, 07-03-1999, Jl Jati Rt 01 Rw 01 No 11, Kecamatan Batumandi, 71663, Kuliah di Hubei Polytechnic University, Program Sudi Clinical Medicine, di Hubei Polytechnic University, Guilin North Road 37, Tuanchengshan Street, Xialu District, Huangshi City, Hubei Province, China.

Fitriani, Papuyuan, 30-10-2000, RT 01, No 22 Kecamatan Lampihong, 71661, Kuliah di Jiangsu Vicational College Of Finance and Economics, Program Studi Pharmacy Quality and Safety, di Jiangsu Vicational College of Finance and Economics, No.8 East Maicheng rood, Huai'an City, Jiangsu Province, P.R China.

Muhammad Arief Fadilah, Sungai Batung, 21-05-2001, Desa Sungai Batung, Jl Pasar Sungai Batung, Rt/Rw 03, No 173, Kecamatan Juai, 71665, Kuliah di Jiangsu University of Science and Technology, Program Studi Kedokteran, di Jiangsu University of Science and Technology Program Study S1. Jingkou Qu Road 2, Megxi Rd, Zhenjiang City, Jiangsu Province, 212003, Tiongkok/China.

Yang belum dinyatakan pulang hingga ke Balangan

Muhammad Arifin, Gampa 06-03-1995, Jl Tebing Tinggi, Desa Juuh, Kecamatan Tebing Tinggi, Kuliah di Guilin University Of Electronic Technology,  Program Studi Electronic Information Technology, di Jinji road, Qixing District, Guilin, Guangxi, 541004, P.R China. 

Elinda Norsanti, Sumpung 03-01-1999, Jl Sultan Alil Adam, Rt 04, No 59, Kecamatan Batumandi 71663, Kuliah di Jiangsu Vocational Institute Of Commerce, Program Studi International Business, di Nanjing, Jiangsu, China, Jiangsu Jingmao. 

Hasmal Wahid Kurniawan, Tanjung 22-10-1999, Jl Anggrek Rt 7 No 2, Paringin, 71662, Kuliah di Guilin University Of Electronic Technology, Program Studi Teknik Komunikasi, di Jinji road, Qixing District, Guilin, Guangxi, 541004, P.R China.

Ahmad Riadi, Balida, 31-8-2001, Desa Balida Rt 03, No 14, Kecamatan Paringin, Kuliah di Jiangsu Maritim Institute, Program Studi International Economics and Trade, di Nanjing, Jiangsu, China. 

Fauziah Savitri, Paringin, 21-03-2001, Desa Mangkayahu, Rt 01, Kecamatan Paringin, Kuliah di Yangzhou Polytechnic Institute, Program Studi Mechanical Manufacturing and Automation, di No 199 Huayang Road, Hanjiang District, Yangzhou City, Jiangsu Province, 225127, China. 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020