Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel)- Wali Kota Banjarmasin Haji Muhidin memperoleh penghargaan Manggala Karya Bakti Husada dari Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Penyerahan terhadap penghargaan yang pertama kali diperoleh Wali Kota Banjarmasin tersebut berlangsung di Jakarta Jumat (15/11), kata Wali Kota Banjarmasin via telpon kepada wartawan di Banjarmasin.

Penghargaan tersebut diberikan karena adanya komitmen Pemkot Banjarmasin membangun bidang kesehatan.

Penyerahan penghargaan ini didasarkan pada beberapa indikator antara lain pencapaian prioritas program kesehatan dengan hasil yang tercakup dalam riset kesehatan dasar (Riskesdas) tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Kemudian alokasi anggaran bidang kesehatan pada APBD di atas atau mendekati 15 persen serta indikator lainnya.

Dengan komitmen tersebut dan berdasarkan hasil Riskesdas 2013, Kota Banjarmasin masuk urutan dalam pencapaian indikator prioritas dalam pembangunan kesehatan.

Dalam rangkaian acara tersebut, Menkes juga menyerahkan piagam dan trofi Manggala Karya Bakti Husada serta piagam dan lencana Ksatria Bakti Husada kepada sejumlah institusi dan perseorangan yang berjasa dalam pembangunan bidang kesehatan.

Berdasarkan catatan, dengan adanya penghargaan ini semakin melengkapi koleksi penghargaan yang diterima Wali Kota H Muhidin atas nama Pemkot Banjarmasin selama masa jabatan lima tahun periode pertama.

"Kita bangga upaya pembangunan kesehatan yang kita lakukan mendapat apresiasi dari Menkes. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi dorongan lebih baik lagi bagi Pemkot Banjarmasin untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam mewujudkan Banjarmasin Menuju Sehat," katanya.

Muhidin juga mengatakan, salah satu indikator yang mengantarkan Kota Banjarmasin mendapatkan penghargaan itu adalah komitmen dan kerja keras untuk membangun prasarana rumah sakit dalam rangka melakukan pembangunan Banjarmasin Menuju Sehat.

Keberhasilan lainnya adalah pengangkatan kualitas pelayanan kesehatan dan peningkatan kinerja dan kesejahteraan kader Posyandu.

Karena itu Muhidin mengucapkan terima kasihnya kepada segenap lapisan masyarakat Kota Banjarmasin yang telah membantu dan mendukung program pemerintah Kota Banjarmasin, khususnya bidang kesehatan.

"Tanpa dukungan masyarakat, penghargaan tidak akan diraih. Karena itu, mari tingkatkan kerjasama untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan keluarga," katanya.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013