Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menjadi pembina upacara dalam apel gelar personil dan peralatan siaga banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung di Kabupaten HSS  tahun 2020.

Ia mengatakan, semua pihak agar meningkatkan rasa empati terhadap warga yang terkena bencana di sekitar tempat tinggal, jangan mementingkan diri sendiri, serta terus menggalakkan semangat membantu sesama.

Baca juga: Pemkab HSS tetapkan status siaga banjir, tanah longsor dan puting beliung

"Kami mengajak semua untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT, semoga daerah HSS akan terhindar dari berbagai bencana," katanya, sekaligus menyampaikan amanat Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Kamis (30/1) pagi.

Dijelaskan dia, dalam penanggulangan bencana diminta agar pihak-pihak yang terlibat mematangkan langkah-langkah dan tindakan efektif, dalam menghadapi bencana, termasuk untuk pencegahan maupun penanggulangan bencana.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran penanggulan bencana daerah, TNI, Polri, taruna siaga bencana, relawan, baik dari organisasi maupun perorangan, serta unsur masyarakat yang selama ini telah siap siaga turut berperan aktif menangani bencana di daerah HSS.

Baca juga: Antisipasi bencana Bupati HSS keluarkan surat edaran

Kepala Badan Penanggulan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpol) HSS Efran, mengatakan pelaksanaan apel siaga menandakan bahwa semua komponen baik itu pemerintah masyarakat maupun pengusaha, semuanya siap untuk mengantisipasi melakukan tugas masing-masing dalam rangka penanganan bencana yang terjadi di HSS.

Turut berhadir, Sekretaris Daerah Kab upaten HSS H. Muhammad Noor,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS,  para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), peserta apel, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020