Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia atau BPSDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia Teguh Setiabudi mengharapkan, agar DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) juga siap menghadapi perkembangan kekinian.

"Oleh sebab itu, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pimpinan dan anggota dewan penting dalam menghadapi perkembangan kekinian," tegasnya seperti dikutip Kasub Bagian Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Deddy Noriadi kepada wartawan di Banjarmasin, Kamis.

Kepala BPSDM Kemendagri Kemendagri itu menunjuk contoh perkembangan kekinian antara lain rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Panajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) 2024.

Apalagi, menurut Kepala BPSDM Kemendagri itu, Kalsel akan menjadi provinsi penyangga IKN baru yang nanti terletak di daerah tetangga yaitu Panajam Paser Utara, Kaltim.

"Karenanya pula peningkatan wawasan dan kapasitas SDM DPRD salah satu faktor penting guna menyikapi permasalahan komplek tersebut," ujar juru bicara (Jubir) Setwan Kalsel mengutip pendapat Kepala BPSDM Kemendagri itu.

"Terlebih Kalsel ke depan menjadi daerah yang sangat strategis sebagai daerah penyangga IKB baru, karenanya sudah harus mulai mempersiapkan. Insya Allah dengan kegiatan bimbingan  teknis (Bimtek) akan bermanfaat,” demikian Teguh Setiabudi.

Sementara Ketua DPRD Kalsel H Supian HK yang juga politikus senior Partai Golkar  menyatakan, selain penyiapan infrastruktur, juga SDM merupakan hal penting sebagai provinsi penyangga IKN nantinya.

"Begitu pula kesuksesan Kalsel membangun, tidak lepas dari kesuksesan DPRD, seperti kita ketahui dengan dialihkannya IKN ke Kalimantan, maka Kalsel merupakan penyangga. Jadi kami juga menyiapkan segala infrastrukutur, wabil khusus SDM DPRD Kalsel sendiri,’’ tegas Supian HK.

Harapan dan wejangan Kepala BPSDM Kemendagri, serta Ketua DPRD Kalsel itu saat pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD, Rabu (29/1) lalu di Yogyakarta yang berlangsung hingga 31 Januari 2020, demikian Deddy Noriadi.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020