Badan Kepegawaian dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menggelar uji coba atau tryout tes Calon Pegawai Negeri Sipil, untuk meningkatkan keberhasilan pelamar pegawai.

Pelaksana tugas Kepala Badan Kepegawaian dan Pelatihan Daerah Kotabaru, H Minggu Basuki, Rabu, mengatakan, semula pendaftaran tryout ini dibuka selama tiga hari, karena khawatir sepi peminat.

"Tetapi sebaliknya yang terjadi, pendaftaran baru setengah hari peminatnya sudah membludak, bahkan target 400 peserta sudah tercapai pada saat itu juga," kata Basuki.

Melihat tingginya animo pelamar CPNS untuk mengikuti tryout, maka Pemkab Kotabaru melalui Bupati H Sayed Jafar dan Sekda H Said Akhmad meminta BKPSDMD untuk dapat kembali mengadakan tryout untuk menambah pengalaman wawasan peserta.

Baca juga: BKD Tanah Bumbu siapkan 100 unit komputer guna seleksi CPNS

Rencananya, tryout dilaksanakan pada 01-02 Februari dengan durasi waktu sekitar 45 menit untuk mengerjakan 50 soal.

Materi soal Masing-masing soal adalah, wawasan kebangsaan atau Pancasila sebanyak 14 soal, intelegensi umum 18 soal, dan tes kepribadian 18 soal.

Materi soal diperoleh panitia pelaksana dari berbagai sumber.

Sebelum mengerjakan soal, BKPSDM juga akan mendatangkan beberapa nara sumber yang telah berhasil mengikuti tes CPNS dengan sistem Online.

Baca juga: Barito Utara gelar tes SKD CPNS

Nara sumber juga akan memberikan tip-tip dalam mengerjakan soal.

Tujuan dari tryout ini adalah uji coba alat komputer yang akan digunakan dalam tes CPNS dan untuk membantu para pelamar agar berhasil dalam tes.

"Dengan tryout ini pula kami berharap semua formasi dan kuota perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kotabaru dapat terpenuhi hingga 100 persen," harapnya.

Tidak seperti perekrutan CPNS sebelumnya dari 247 formasi, yang lolos hingga pemberkasan hanya sekitar 236 orang, dan yang tidak melakukan pemberkasan 6 orang. Sedangkan yang mendaftar sekitar 3.796 pelamar.

"Periode 2019/2020 formasi yang tersedia sekitar 144, sedangkan pelamar sekitar 2.165 pelamar," demikian Minggu Basuki.***1***

Pewarta: Imam

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020