Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Komisi IV, pelajari tentang peran Pemerintah Kabupaten Balangan, dalam Pembinaan serta Peningkatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Hal tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan seputar penanggulangan kemiskinan, serta peran pemerintah daerah dalam pembinaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Dikatakan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar, Sarwani, bahwa di Kabupaeten Balangan banyak melahirkan Unit Kegiatan Masyarakat (UKM), maupun industri yang merupakan bagian dari upaya mensejahterakan masyarakat.

"Hal tersebut yang membuat Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar, melaksanakan kunjungan ke kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam" ini, selain salah satu kabupaten dalam satu provinsi, sekaligus agar memudahkan dalam penerapan pembinaan Kelompok Usaha Bersama," ujarnya. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo mengatakan di Kabupaten Balangan terdapat 87 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam pembinaan pemerintah daerah melalui instansi terkait.

"Diantaranya Kelompok Usaha Bersama madu kelulut, KUBE menjahit, KUBE penggilingan padi, dan KUBE penggilingan daging", tuturnya.  

Dijelaskan Ribowo, bahwa KUBE tersebut merupakan usulan dari desa atau masyarakat yang mempunyai kelompok usaha bersama, kemudian mengirimkan proposal ke Dinas Sosial, selanjutnya kebenarannya diverifikasi oleh Dinas Sosial, dan akan diberikan bantuan berupa alat serta pelatihan dan pembinaan.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab setempat, Husaini, berharap agar pertemuan sekaligus silaturahmi tersebut, dapat memberikan manfaat serta menambah ilmu dan wawasan, khususnya bagi Dinas Sosial dalam pembinaan Kelompok Usaha Bersama.  

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020