Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Tapin siap untuk dibentuk, hal tersebut setelah adanya kunjungan dari YKI Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (28/1).

Ketua YKI Kalimantan Selatan, Hj Farida Hasan Aman mengatakan, selain melakukan silaturrahami, tujuan dari kunjungan hari ini adalah untuk mengaktifkan kembali YKI di Tapin.

"Kami harap dukungan pemerintah daerah dalam sebagai upaya dalam membangun YKI ini," ujarnya di kediaman dinas Bupati Tapin.

Dijelaskannya, bahwa misi YKI sendiri adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam upaya penekanan potensi penyakit kanker  deteksi sedini mungkin.

"Peran pemerintah dalam menekan potensi kanker di masyarakat baik melalui sosialisasi maupun program deteksi dini seperti sosialisasi Iva test sangatlah penting dalam mendukung progran kami," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan berharap hubungan silaturrahmi seperti ini terus terjaga dan semoga dengan adanya kunjungan ini bisa berdampak bagi masyarakat Tapin.

"Kami harapkan adanya arahan-arahan dari jajaran yayasan Kanker indonesia agar ada solusi bagi masyarakat Tapin yang mengindap penyakit Kanker," ujarnya.

Ditambahkan Ketua TP PKK Kabupaten Tapin, Hj Ratna Ellyani Arifin Arphan soal rencana pembentukan kepengurusan YKI Tapin, pihaknya akan melakukan kordinasi dengan instansi-instansi yang terkait.

"Coba akan kita lakukan pembicaraan dengan Kadinkes, Ketua PMI, dan pihak lainnya," ujarnya.





 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020