Masyarakat di Desa Pulau Kerayaan dan Desa Pulau Kerayaan Utara Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru meminta kepada pemerintah setempat terhadap fasilitas aliran listrik dan pembangunan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau SMA.

Hal itu mengemuka dalam forum silaturahim warga bersama Bupati Kotabaru H Sayed Jafar di Desa Pulau Kerayaan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan yang dihadiri sejumlah pejabat SKPD, anggota DPRD, camat setempat dan Forkopincam.

Salah seorang warga Desa Kerayaan Utara saat berdialog dengan bupati mengatakan, penduduk di desanya sekitar 50 KK (Kepala Keluarga) hingga kini masih belum mempunyai aliran listrik di rumah-rumah mereka.

"Kami ingin warga yang belum mempunyai aliran listrik bisa dibantu, untuk itu pak bupati dan instansi terkait bisa mencarikan solusinya agar masyarakat bisa menikmati listrik seperti warga lainnya," ujarnya.

Selain itu warga lainnya juga menyampaikan, saat ini masyarakat di Pulau Kerayaan ingin memiliki Sekolah Menengah Atas (SMA), sebab sekitar 60 persen masyarakat disini hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja, dikarenakan tidak adanya biaya untuk anak mereka sekolah ke luar atau kota.

Menanggapi aspirasi warganya, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan, untuk warga yang rumahnya belum teraliri listrik, pemerintah daerah akan turun tangan bersama tim dalam mendata warga kurang mampu agar bisa mempunyai listrik dan menikmati penerangan sama dengan warga lainnya.

Sedangkan untuk bangunan Sekolah SMA memang prosesnya akan lama, masalahnya sekarang sudah bukan kewenangan bupati lagi namun kewenangan provinsi.

Akan tetapi, ia berjanji akan menyiapkan proposalnya dulu seperti lahan sekolah dan lainnya hingga bersama kita ajukan ke provinsi untuk memprosesnya.
 
"Memang banyak permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten Kotabaru, karena daerahnya sangat luas namun perlahan tapi pasti sekarang sudah mulai berubah baik pariwisata, insfrastruktur jalan, dan lainnya," ungkap bupati.

Kegiatan dalam rangka kunjungan kerja bupati tersebut, dirangkai dengan pembagian bantuan kepada para nelayan setempat oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar disaksikan oleh Kepala SKPD dan ratusan masyarakat Pulau Kerayaan.

Tampak hadir dalam kegiatan, anggota DPRD Kotabaru, Camat Pulaulaut Kepulauan beserta jajaran dan forkopimca  serta masyarakat.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020