Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan Pasar Sirih, Kecamatan Kalumpang, ditandai dengan pelaksanaan Shalat Subuh berjamaah yang diimami Ustadz Madian dari Desa Sirih, dan diisi tausiyah dan do'a Ketua MUI Kecamatan Kalumpang Ustad Abdurrahman Nahdi.

Ia mengatakan, sebelum peresmian dilaksanakan Sholat subuh berjamaah sebagai tanda dimulainya operasional pasar sirih, harapannya karena dimulai dengan hal yang baik, maka pasar akan terus berkembang dan yang berdagang mendapatkan berkah dari Allah SWT.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, yang kita resmikan hari ini bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat berupa bangunan, untuk kenyamanan berdagang bagi para pedagang yang kebanyakan menjual ikan," katanya, Jum'at (10/1) pagi.

Dijelaskan dia, pedagang yang dulunya berjualan di seberang Mesjid Annasuha Kalumpang, kalau hujan kehujanan maka untuk menyikapinya Pemkab HSS membuatkan fasilitas pasar, sehingga tidak ada lagi yang berjualan di pinggir jalan.

Baca juga: Kecamatan Kalumpang peringati hari jadi ke-39

Semua pedagang masuk ke Pasar Sirih untuk berjualan, dan ini tentu membuat lebih nyaman antara penjual dan pembeli, dan diingatkan para penjual ikan agar memperhatikan kebersihan, sehingga suasana berdagang jadi lebih bersih dan tentunya untuk kebersihan harus menjadi kepedulian bersama.

Ia berharap, di Pasar Sirih ini menjadi sentra ikan, karena ikan dari Kalumpang ini hasilnya lumayan banyak, melihat kondisinya seperti itu siapa tahu Kalumpang ke depannya menjadi persinggahan untuk membeli ikan oleh daerah lain.

Selain itu, sejalan dengan visi misi Kabupaten HSS untuk kesejahteraan dunia dan akhirat maka harus imbang keduanya, dunia didapat dengan berusaha serta sangat indah rupanya sebelum berdagang itu sholat subuh didulukan, apalagi masjid dekat, sementara tentunya rezeki dari Allah SWT turunnya.

"Jangan takut rezeki didahului orang, karena rezeki Allah SWT yang mengatur. jadi kalau lagi berdagang, mari utamakan sholat fardhu," katanya, dalam sambutan.

Menurut dia, sesuai dengan pesan Guru Kapuh bahwa sejahtera dunia akhirat didapat dengan jangan hanya mengejar duniawi saja, hingga lupa akan kembali ke akhirat. Keduanya harus seimbang, wajib mengutamakan perintah Allah SWT dalam melaksanakan ibadah.

Baca juga: HSS raih penghargaan Daerah Tertib Ukur tahun 2019

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pedagangan HSS Gusti Achmad Riduan, mengatakan pada hari ini juga para pedagang akan dipindahkan ke Pasar Sirih yang baru diresmikan tersebut.

Adapun, untuk kegiatan pasar dimulai pukul 05.00 subuh hingga pukul 08.00 pagi,  buka setiap hari dan diharapkan Pasar Sirih bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian, khususnya di Kecamatan Kalumpang.

Turut hadir, Sekretaris Daerah HSS H Muhammad Noor, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat Kalumpang, para kepala desa, para pedagang dan masyarakat sekitar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020