Bagian plafon di salah satu sudut Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin rusak akibat angin kencang atau puting beliung yang melanda kawasan bandara di Kota Banjarbaru itu, Sabtu malam.

Kepala Komunikasi dan Legal Bandara Syamsudin Noor Aditya Putra Patria di Banjarbaru, Ahad mengatakan, kerusakan plafon di dekat smoking area selasar terminal keberangkatan penumpang. 

"Kejadiannya tadi malam dengan kerusakan plafon dekat smoking area selasar terminal keberangkatan penumpang. Setelah kejadian, area langsung dibersihkan petugas," ujarnya. 

Ia mengatakan, penyebab kejadian diduga plafon yang letaknya di ujung selasar terminal keberangkatan terkena angin kencang sehingga terlepas dan materialnya berjatuhan di sekitar tempat itu. 

"Bagian yang mengalami kerusakan hanya plafon dan sama sekali tidak mengganggu jadwal penerbangan baik malam hari maupun pada Ahad sepanjang hari ini. Semua akan kami evaluasi," katanya. 

Diketahui, terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, baru diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada, Rabu (18/12) dan sempat membuat kagum kepala negara karena besarnya bangunan. 

Diketahui, bangunan bandara yang sudah mendapat status International itu seluas 77.562 meter per segi dan mampu menampung sebanyak 7 juta penumpang per tahun dari hanya 1,3 penumpang tahun sebelumnya. 

Apron atau tempat parkir pesawat yang dapat menampung 14 pesawat narrow body. Fasilitas berupa 3 garbarata (aviobridge), 42 check-in counter, dan 2 baggage conveyor semakin menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang.

Selain itu, tersedia area parkir seluas 34.360 m2 yang mampu menampung 1.524 kendaraan roda empat dan 720 kendaraan roda dua serta masjid yang sebelumnya hanya menampung 200 orang menjadi 1.186 orang.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019