Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi dengan pengurus partai politik peserta Pemilu 2014 guna mendukung terciptanya iklim politik yang sehat.


"Rapat Koordinasi Forum-Forum Diskusi Partai Politik ini merupakan wahana pencerdasan demokrasi, sekaligus menjadi ajang komunikasi dalam persamaan persepsi antar partai politik untuk membangun iklim politik yang sehat di Kabupaten Kotabaru," kata Pantia Penyelenggara, Siti Fatimah Adam, di Kotabaru, Rabu.

Tujuan lain dilaksanakannya Koordinasi Forum-Forum Diskusi Partai Politik ini sebagai langkah persamaan persepsi para pengurus dan kader Parpol dalam menghadapi pemilu legislatif April 2014.

Forum Diskusi yang diikuti sekitar 130 orang kader dari Parpol tersebut juga mendapatkan pengetahuan tentang Peraturan Menteri Dalam Negeri No.13/2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan UU No.8/2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu persiapan dalam menghadapi Pemilihan Umum, baik legislatif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden maupun Pemilihan Umum Kepala Daerah, yang tidak terlalu lama lagi dihadapi.

Ia berharap forum Diskusi ini bisa dijadikan sebagai sarana mempererat Silaturrahmi, penyamaan persepsi, Pendidikan Politik dalam tata laksana Pemilu nanti.

Irhami menjelaskan proses pendidikan politik dilakukan, agar masyarakat luas dapat menjadi warga negara yang menjujung tinggi akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Forum-forum diskusi politik ini mempunyai makna yang penting demi untuk memberikan pemahaman dan penyatuan persepsi tentang pentingnya pembangunan Demokrasi yang sehat dan adil di masyarakat.

  Dia juga mengharapkan peserta yang mengikuti Forum Diskusi ini agar lebih memahami dan mampu meminimalisir potensi terjadinya gesekan yang negatif di masyarakat.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013