Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin meningkatkan patroli untuk menjamin keamanan angkutan laut di musim libur Natal dan tahun baru.

Komandan Pos Penjagaan TNI AL Trisakti Banjarmasin Lettu Laut (P) Suhartoyo mengatakan, saat ini pihaknya fokus mendukung Posko Terpadu Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru dengan peningkatan intensitas patroli perairan di sekitar Sungai Barito.

"Posko Terpadu Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Trisakti dikoordinir oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, kami sebagai unsur pendukung berupaya memberikan rasa aman dan nyaman penumpang angkutan laut," terang Suhartoyo di Banjarmasin, Minggu .



Diakui Hartoyo,  sejauh ini kondisi keamanan perairan relatif kondusif. Meski begitu, pihaknya tak ingin situasi yang aman ini membuat petugas lengah.

Bahkan, atas perintah Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, satu speed boat berkecepatan tinggi jenis rigid inflatable boat (RIB) disiagakan yang dioperasikan pasukan Second Fleet Quick Respons (2FQR), tim fungsi taktis untuk reaksi cepat dalam situasi ancaman tingkat tinggi.

Hartoyo menambahkan, faktor alam dimana situasi cuaca saat ini yang dalam musim peralihan justru menjadi kekhawatiran terhadap keselamatan perjalanan kapal.

Untuk itu, kata dia, pentingnya keterpaduan seluruh unsur kemaritiman dalam menjamin keselamatan pelayaran di momen libur akhir tahun saat ini.

"Alhamdulillah koordinasi sudah terjalin dengan bagus dengan semua unsur kemaritiman seperti Polairud, KSOP, KPLP, Pelindo hingga Basarnas, kami terus meningkatkan kesigapan dalam tindakan penanganan SAR (Search and Rescue) perairan jika terjadi hal-hal tak diinginkan," tandas Hartoyo.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019