Kepala Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Banjarmasin Opik Taufik mengatakan, kepesertaan dan manfaat santunan program BP Jamsostek di wilayah Kabupaten Tanah Laut hingga 16 Desember 2019 berjumlah 29.357 orang.

"Adapun rinciannya, untuk badan sebanyak 367 perusahaan dengan tenaga kerja sebanyak 25.843 orang, pemnyelenggaran negara sebanyak 22 kantor dinas dengan jumlah peserta 2.759 orang, 11 kantor badan dengan peserta sebanyak 411 orang, 11 kantor kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 71 oerang, 5 kelurahan dengan jumlah peserta sebanyak 13 orang, RSUD H Boejasin jumlah peserta sebanyak 260 orang,"ujar Kepala Cabang BP Jamsostek Banjarmasin Opik Taufik, selepas acara pembukaan rapat koordinasi BP Jamsostek dengan Pemkab Tanah Laut, di Aula Hotel Best Western Banjarmasin, Selasa (17/12) malam.

Menurut dia, untuk jumlah santunan di Kabupaten Tanah Laut hingga 16 Desember 2019 adalah, 22 jaminan kecelakaan kerja, 26 jaminan kematian, 226 jaminan hari tua dan 24 jaminan pensiun.

"Dalam pertemmuan ini, kami berharap pemkab Tanah Laut bisa membantu BP Jamsostek untuk bersama-sama melaksanakan amanat UUD 1945, dalam rangka menyelenggarakan jaminan sosial ketenagakerjaan dan memberikan keamanan dan kesejahteraan bagi seluruh pekerja di Kabupaten Tanah Laut seperti, jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh perangat desa, petani, pedegang kecil dan peceramah agama maupun marbot,"pintanya.

Dia juga berharap, Kabupaten Tanah Laut dapat diusulkan ke pemerintah pusat mendapatkan penghargaan dari Presiden RI yang telah peduli memberikan pekerjanya dan melaksanakan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui regulasi yang telah dibuat dan jumlah kepesertaannya.

"Kami juga tak lupa mengucapkan terimakasih atas terlaksananya rapat koordinasi antara BP Jamsostek dengan Pemkab Tanah Laut pada malam ini,"tandasnya.

Terpisah, Bupati Tanah laut H Sukamta sangat mengapresiasi upaya BP Jamsostek Cabang Banjarmasin melaksanakan rapat kordinasi dengan jajaran Pemkab Tanah Laut.

"Berkaitan dengan jaminan sosial ketenagekerjaan, Pemkab Tanah Laut berupaya terus mendorong agar masyarakat ikut dalam kepesertaan BP Jamsostek dan presminya tidak terlalu mahal sekitar Rp10 ribu,"ungkapnya.

Apalagi, jelas dia, klaimnya cukup besar, sehingga kepesertaan Jamsostek tersebut sangat baik untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan aktifitas kerja.

"Untuk itu perlu asuransi sebagai garansi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tidak memberatkan keluarga,"tandasnya.
Kepala Cabang BP Jamsostek Cabang Banjarmasin Opik Taufik menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Tanah Laut H Sukamta didamping Penjabat Sekda Tanah laut M Darmin, di Aula Hotel Best Western Banjarmasin, Selasa (17/12) malam.Foto:Antaranews Kalsel/Arianto.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019