Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS0 H Achmad Fikry bertindak sebagai inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) dan peringatan Hari Bela Negara ke-71 yang mengambil tema "Bela negara untuk kemakmuran rakyat", bertempat di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Ia mengatakan, semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa dihadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi.

"Di sinilah terletak relevansi tekad untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul demi kemajuan Indonesia, yang dicanangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke – 74 lalu," katanya, saat menyampaikan pidato Presiden RI Joko Widodo, Selasa (17/12).

Baca juga: Bupati HSS : Bertambahanya nilai ekonomis lahan tidak mustahil terjadi sengketa tata batas

Dijelaskan dia, pengelolaan negeri yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran sebagaimana yang di cita- citakan oleh seluruh pendahulu bangsa tanpa semangat bela negara.

Penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat, dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama, dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh perundang-undangan.

Selain itu, berbakti dalam birokrasi pemerintahan,dan mereformasi diri serta meningkatkan transparansi, akuntabilitas pelayanan publik. yang belajar dan mengajar, teruslah ditingkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai kebangsaan.

Baca juga: Pejabat Pemkab HSS diberikan sosialisasi hidup sehat

"Yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang, dan bertanggungjawab. Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing- masing sebagai ladang bela negara," katanya.

Ditambahkan, segala kesadaran, upaya, dan kebersamaan bangsa dalam mencapai segenap tujuan dan cita-cita kemerdekaan menuju manusia Indonesia paripurna berdasarkan Pancasila, mudah-mudahan diridhoi dan diberkati Tuhan Yang Maha Esa.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Forkopimda Kabupaten HSS, Sekretaris Daerah HSS H.Muhammad Noor, para pimpinan OPD Kabupaten HSS, kepala Badan Pertanahan Nasional HSS, unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, dan para ASN di lingkup Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019