Batulicin - Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming mengatakan, akhir-akhir ini nilai-nilai kebangsaan ditengah-tengah masyarakat mulai memudar sehingga harus ditingkatkan.
     Fakta itu sebut Mardani, dapat dilihat masih banyaknya warga masyarakat yang tak memasang bender merah putih saat peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus.
     Padahal imbuhnya, sejumlah warga yang rumahnya berada di sisi jalan utama daerah baik di pusat kabupaten, kecamatan maupun desa yang mestinya wajib memasang bendera merah putih saat hari ulang tahun Republik Indonesia.
     "Ini menandakan bahwa ada kecenderungan semakin menurunnya nilai-nilai kebangsaan di masyarakat kita", ujar Mardani disela-sela sambutannya pada acara Pelantikan Kepala Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, Heriansyah, Senin (16/9) lalu.
     Dipaprkan bupati Mardani H. Maming, sebagai negara yang besar seluruh komponen bangsa termasuk yang ada di daerah harus mampu menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai kebangsaan ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai satu kesatuan dalam kerangka NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
     Ironisnya saat ini, nilai-nilai luhur itu kian luntur. Sehingga semangat persatuan dan kesatuan sebagai bagian penting dari upaya menjaga NKRI itu semakin jauh dari kehidupan masyarakat, yang akhirnya kondisi tersebut menjadi penyebab mudahnya masyarakat di adu domba dan diprovokasi pihak-pihak tertentu.
     "Fakta paling mudah kita temui bersama adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk memasang bendera merah putih ketika tanggal 17 Agustus sebagai hari bersejarah bagi bangsa kita. Sementara bendera partai justru mendominasi, apalagi pada saat-saat menjelang pemilu seperti saat ini", ungkap orang nomor satu di Bumi Bersujud tersebut.
     Dan fatalnya masyarakat sangat mudah di adu domba hanya karena alasan perbedaan bendera partai yang didukung. Hal ini jelas sangat mengkhawatirkan bagi persatuan dan kesatuan masyarakat.
     Dibagian lain bupati juga berharap agar seluruh pengelola sekolah di Bumi Bersujud mengajarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya kepada anak didik sejak dini. Karena sejauh ini tambahknya, masih banyak anak usia sekolah yang tak hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya.
    Sementara itu untuk diketahui, selain melantik Heriansyah, Bupati Mardani H. Maming juga melantik Kepala Desa Angsana Sayid Sultan Hasan, dan Kepala Desa Sumber Baru Zainal Arifin.
     Kepada ketiga Kepala Desa yang baru dilantik itu Mardani berpesan agar mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai kepala desa dengan baik, dengan senantiasa berpedoman pada aturan dan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku, mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik, serta menjadi pelopor utama dinamika pembangunan di desa untuk mewujudkan tatanan masyarakat desa yang maju dan sejahtera. (Adv/Tanbu/ant)

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013