Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menggelar pameran Job Fair 2019 di halaman kantor Disnakertrans Banjar Jalan Jenderal A Yani Km 38 Martapura. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman, Selasa datang mengunjungi beberapa stand milik perusahaan yang buka lowongan mencari tenaga kerja untuk bergabung di perusahaan tersebut. 

"Pemkab Banjar terus berupaya menyediakan lapangan kerja yang seluas-luasnya, dan berupaya membangun hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pencari kerja," ujarnya. 

Selain itu, memberi media untuk menginformasikan dunia kerja secara terbuka kepada masyarakat dan diharapkan bisa mengurangi jumlah pengangguran yang masih cukup banyak.

"Pameran lowongan pekerjaan ini juga memberi kesempatan kepada masyarakat Kabupaten Banjar untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai kompetensi sehingga sesuai dengan ilmu yang dimiliki," ungkapnya. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Banjar Safrin Noor mengatakan, Job Fair dilaksanakan dua hari yakni 3-4 Desember 2019 dengan ratusan lowongan pekerjaan yang ditawarkan 18 perusahaan.

"Banyak lowongan pekerjaan dari berbagai sektor yang ditawarkan dan kami mengimbau pencari kerja melamar sesuai kompetensi yang dimiliki sehingga mendapatkan pekerjaan yang tepat," imbaunya. 

Ditambahkan, pelamar sebelum mengajukan lamaran, terlebih dahulu melakukan registrasi secara online melalui e-bursa.kerja.kemnaker.go.id dan setelah registrasi, bisa langsung cetak barcode di website.

Dikatakan, tujuan pameran bursa kerja adalah memasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai pengetahuan, keterampilan, serta bakat dan minatnya.

"Selain itu, sesuai dengan formasi yang disediakan perusahaan mulai jenjang SMP sampai S1 bahkan S2 yang artinya bisa dimanfaatkan pencari kerja mencari pekerjaan sesuai kompetensi," kata dia. 

Ditambahkan, banyak calon pencari kerja, namun daya serap perusahaan hanya 300 tenaga kerja sehingga melalui Job Fair bisa meningkatkan daya serap perusahaan sekaligus mengurangi pengangguran.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019