Ketua KONI HSS H M Zaidan Noor melalui Wakil Sekretaris Umum Mahyuni,  menyampaikan para pemenang logo, maskot dan tagline untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI tahun 2021 telah dilombakan dan ditetapkan nama-nama pemenangnya..

Ia mengatakan, untuk juara satu logo diraih Farida Ariyadi, juara satu pertama maskot diraih Jayadi Nor, sementara untuk tagline juara satu diraih Al Ikhwan Humaidi.

"Baik untuk logo, maskot, dan tagline akan kita launching atau resmikan besok, Sabtu (30/11), dalam kegiatan senam sehat, jalan sehat dan gowes bareng Bupati dan Wakil Bupati HSS, yang dipusatkan kegiatannya di Taman Palindangan Sehat," katanya,  Jum'at (28/11).  

Baca juga: Senam sehat, jalan santai dan gowes bareng Bupati bakal meriahkan HUT HSS

Dijelaskan dia, untuk logo yang memenangi lomba karya Farida Ariyadi memiliki makna, antaralain tugu dodol  merupakan tugu yang terletak di pusat Kandangan yang membuat kota Kandangan terlihat indah dan cantik juga menarik wisatawan-wisatawan. Seluet 2 orang di atas melambangkan para peserta yang bersemangat berkompetisi.

Tiga lingkaran sambung melambangkan sportivitas dalam sebuah kompetisi yang harus di junjung tinggi, dan juga melambangkan pesatuan dan kekompakan untuk peningkatan prestasi di seluruh cabang olah raga.

Untuk arti warna pada logo, emas artinya prestasi, kesuksesan, kemewahan, kemenangan dan kemakmuran. Kuning artinya bahagia dan rasa optimis, merah artinya berani dan semangat yang tinggi, hijau artinya kedamaian dan kesuburan.

Selanjutnya,  hitam artinya ketegasan dan disiplin yang tinggi, orange artinya kehangatan,kenyamanan dan keceriaan. biru artinya kuat, kecerdasan dan kemakmuran dan abu-abu artinya keseriusan,kestabilan,kemandirian dan tanggung jawab.

Baca juga: KONI HSS ditarget capai empat sukses ajang Porprov 2021

Adapun maskot Si Tinjau yang terpilih sebagai juara satu diraih Jayadi Nor, karena jenis burung ini banyak terdapat di Kabupaten HSS dan disukai masyarakat,  walaupun juga terdapat di daerah lain dengan nama yang lain. 

"Burung ini sangat digemari oleh masyarakat,  memiliki karakter yang , memiliki suara yang lantang dan menggelorakan semangat , gesit dan lincah, menarik perhatian dan merupakan jenis burung yang dikompetisikan atau dilombakan, " katanya. 

Sementara untuk tagline yang juara satu diraih Al Ikhwan Humaidi, dengan tagline "Menjunjung sportivitas, berprestasi di Bumi Antaludin", ketiga hasil lomba ini baik logo, maskot maupun tagline akan digunakan dalam Porprov XI tahun 2021 di mana Kabupaten HSS sebagai tuan rumah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019