Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry beserta jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melakukan ziarah ke makam pendiri Kabupaten HSS, serta makam mantan pembina dan ketua Korpri Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, ziarah ini merupakan tradisi rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi ke-69 Kabupaten HSS bersamaan dengan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

"Ziarah ini diharapkan dapat memberikan semangat untuk mengenang jasa-jasa pendiri kabupaten, para bupati dan sekda yang telah banyak menorehkan prestasi di Kabupaten HSS," katanya, Kamis (28/11).

Baca juga: Guru Syairazi pimpin HSS bersholawat

Dijelaskan dia, ziarah ini juga merupakan wujud penghormatan sekaligus mendo’akan agar arwah para pendiri, mantan bupati dan mantan sekda ini mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT.

Ziarah diawali di makam H.Kasyful Anwar, CH (Bupati Periode 1958-1959, 1960-1963 ), yang terletak di Alkah Keluarga, Desa Karang Jawa, Kecamatan Padang Batung.

Selanjutnya menuju makam H. Darham Hidayat (Pendiri Kabupaten HSS),  yang merupakan ayah dari Bupati HSS H.Achmad Fikry, terletak di Alkah Keluarga Muara Banta, Kecamatan Kandangan.

Kemudian ke makam H.Saidul Hudarie (Bupati 1993-1998, 1998-2003), terletak di Alkah Keluarga Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan, lalu ke makam H.Asnawi Jumberi (Mantan Sekretaris Daerah),  di Alkah Keluarga Amawang Kanan, Kecamatan Kandangan. 

Setelah itu, ke Makam H.A Gafuri (Bupati Periode 1983-1988), terletak di Alkah Keluarga, Parincahan, Kecamatan Kandangan, kemudian dilanjutkan ke makam H.Muhammad Arlan SH (Bupati periode 1988-1993), terletak di Alkah Keluarga, Gambah Luar, Kecamatan Kandangan.

Baca juga: Bupati HSS inginkan Hari Jadi Kabupaten dirasakan masyarakat

Dan terakhir, di makam Drs. H. A Yunani (Mantan Sekretaris Daerah), yang terletak di Alkah Keluarga, Kuburan Muslimin Telaga Mas, Kecamatan Kandangan.

Disetiap ziarah ke makam Pendiri Bumi Antaludin serta makam Mantan Pembina dan Ketua Korpri tersebut, digelar do'a bersama dan diserahkan bingkisan kepada para keluarga almarhum pendiri kabupaten dan mantan Bupati. 

Turut hadir pada agenda ziarah makam ini,  Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS H.M Noor, Ketua MUI HSS KH.M Ridwan Basri, KH.Muchyar Dahri, para pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat pengawas, pejabat administrator, serta para keluarga pendiri Bumi Antaludin. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019