Jelang pemilihan kepala daerah Kalimantan Selatan 2020, Pemkab Hulu Sungai Utara melakukan apel gelar kesiapan satuan pelindungan masyarakat atau satlinmas dilapangan Pahlawan Kota Amuntai, Kamis.

Apel yang dihadiri 1208 anggota Satlinmas ini dipimpin langsung oleh Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), para camat dan kepala desa.

"Melalui apel gelar pasukan ini kita bisa mengetahi kesiapan satuan linmas, bagaimana kerjasama, koordinasi dan kekompakan yang terjalin dalam mendukung keamanan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubermur 2020," ujar Wahid.
 
. (Eddy Abdillah)

Wahid mengatakan melalui apel gelar satuan Linmas bisa dilakukan monitoring sejauh mana jalinan komunikasi antar anggota Satlinmas, kebersamaan, kekompakan dan kerjasama.

"Perlu dilakukan pengecekan kelengkapan,  menjelaskan hak dan kewajiban sebelum mereka diterjunkan ke lapangan, bagaimana pemahan anggota terhadap perencanaan atau pola pengamanan sehingga saat pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik," kata Wahid.

Lebih lanjut dikatakan, tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dan masyarakat untuk pengamanan Pilkada harus dijawab dengan kesungguhan dan keikhlasan hati dalam melaksanakan tugas pengamanan.
 
Bupati HSU memberikan penghargaan pada satuan linmas yang terbaik dalam kegiatan poskamling. (Eddy Abdillah)

Wahid menegaskan, bahwa tugas pengamanan Pilkada merupakan tugas mulia dan terhormat karena anggota Satlinmas turut berperan dan berkontribusi atas kesuksesan Pilkada yang menentukan bagi pembangunan lima tahun kedepan di Kalimantan Selatan.

Saat Pemkab HSU baru bisa memberikan insentif bagi anggota satlinmas sebesar 100.000 perorang/ bulan

"Kita baru teranggarkan untuk September, Oktober, November dan Desember. jadi hari ini diserahan insentif untuk empat bulan sebesar Rp400.000 perorang bagi 1.208 orang anggota Satlinmas," kata Wahid.
 
Pelantikan dan pengambilan sumpah sebanyak 48 kepala.desa terpilih hasil Pilkades serentak 20 Nopember. (Eddy Abdillah)

Wahid mengatakan, pelaksanaan apel satlinmas sengaja disandingkan dengan pelantikan sebanyak sebanyak 48 kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak pada 20 Nopember lalu, sehingga kepala desa juga bisa mengetahui dan mendukung kesiapan kesiapan satlinmas didesa masing-masing.
 
. (Eddy Abdillah)

Pelantikan kepala desa dilakukan dua tahap karena dari 75 kepala desa terpilih masih ada yang belum habis masa jabatannya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019