Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS) bekerjasama dengan Radio Gema Amandit  FM menggelar kopi darat program bupati menjawab, kopi darat ini dilaksanakan khusus di Wilayah Daha, meliputi Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat, Daha Utara.

Kepala Diskominfo HSS Hendro Martono, di Negara,  Selasa (26/11), mengatakan kopi darat acara radio Bupati Menjawab sebelumnya sudah pernah digelar Kamis(19/11) lalu, di Pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan peserta dari kecamatan-kecamatan selain wilayah Daha, maka kali ini khusus di wilayah Daha untuk mengobati kerinduan masyarakat dapat bertemu langsung Bupati HSS H Achmad Fikry.

"Masyarakat yang berada di wilayah Daha yang juga sebagai pecinta program acara Radio Bupati Menjawab yang rutin mengudara tiap Selasa malam di Radio Gema Amandit 93,9 FM, acara ini dipandu oleh dua penyiar Radio Gema Amandit Ucok Syahreza dan Amut Alamsyah," katanya.

Baca juga: HSS tuan rumah UNAR II Kalsel tahun 2019

Dijelaskan dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk bertatap muka secara langsung dengan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, para penyiar kesayangan mereka dan para pejabat yang selama ini menjawab SMS mereka, bertempat di GOR Serbaguna H.M. Syafii, Kecamatan Daha Selatan.

Program Radio Bupati Menjawab sendiri merupakan hasil kerjasama Diskominfo Kabupaten HSS dengan Radio Gema Amandit FM guna menjembatani aspirasi, saran, masukan dan informasi dari masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab)HSS, sehingga Pemkab HSS dapat menindaklanjuti dengan cepat dan tepat sasaran untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat HSS dunia dan akhirat.

Selain menjawab SMS masyarakat yang disampaikan melalui SMS center pengaduan masyarakat, pada format baru Bupati Menjawab memberikan ruang bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) HSS menyampaikan program, kegiatan dan informasi lainnya yang perlu untuk disampaikan kepada masyarakat sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, serta diharapkan dengan hal tersebut memungkinkan masyarakat dapat memperoleh manfaatnya secara positif.

"Kegiatan ini tentunya juga dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan serta dalam rangka menyambut hari jadi ke-69 Kabupaten HSS, dalam bingkai keterbukaan informasi publik kami Diskominfo HSS bekerjasama dengan Radio Gema Amandit menyelenggarakan acara Kopi Darat Radio Bupati Menjawab hari ini, “ katanya.

Menurut dia, jumlah pendengar yang berhadir sebanyak 140 orang pencinta program Radio Bupati Menjawab, program ini sudah berjalan 121 episode yang setiap selasa malam difrekuensi 93.3 FM radio Gema Amandit, dan di akhir acara akan dibagikan unit Radio untuk seluruh undangan masyarakat yang sudah berhadir dan sebagai pecinta acara Radio Bupati Menjawab.

Dan radio yang dibagikan tersebut merupakan hadiah yang diberikan dari berbagai SKPD di lingkup Pemkan HSS,  para camat, kepala desa, serta pihak lainnya yang telah sangat antusias mendukung acara ini, dan ia menyampaikan terimakasih atas dukungan seluruh pihak tersebut, yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Baca juga: Setahun Fikry-Syamsuri : Kopi darat dengarkan keluhan warga

Bupati HSS H.Achmad Fikry, mengatakan ini salah satu langkah dalam era keterbukaan informasi,  program Radio Bupati Menjawab ini sudah 121 episode atau 121 minggu berjalan, dengan adanya program ini diharapkan akan terus dilanjutkan ke depan karena bagi pemerintah daerah sangat berarti yaitu dengan menampung berbagai masukan, keluhan, saran, dan pertanyaan masyarakat HSS ke Pemkab HSS, yang akan dijawab langsung oleh bupati, SKPD maupun Instansi vertikal yang ada di Kabupaten HSS. 

“Insya Allah dengan adanya program ini punya manfaat besar untuk kemajuan pembangunan, karena sering saya katakan yang paling merasakan adalah masyarakat, biarkan masyarakat menyampaikannya. Meskipun dalam mekanisme perencanaan itu musrenbang tetap jalan, cuma ini informasi langkah awal dulu yang bisa kita godok di pemerintah daerah,” katanya.

Sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan penyerahan secara simboIis bingkisan sembako kepada 20 orang penerima oleh Bupati HSS didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto,  sedangkan untuk hiburan, ditampilkan Tari Kuda Gepang dari Siswa-siswi SMKN 1 Daha Selatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019