Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) II Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2019, ujian ini diikuti oleh para pengguna amatir radio berbagai tingkatan dari seluruh wilayah Provinsi Kalsel.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS Hendro Martono, di Kandangan, Minggu (6/10), mengatakan menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan tersebut, dan mendoakan semoga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Sebagaimana harapan bersama serta dapat mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan, khususnya dalam rangka mendapatkan sertifikat kecakapan amatir radio," katanya, saat menyampaikan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry sekaligus membuka kegiatan ujian, di halaman SMAN 1 Kandangan.

Dijelaskan dia, agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga para pengguna radio dan para anggota orari dapat mengetahui dan mengerti tentang ketentuan yang berlaku.

Ujian Negara Amatir Radio II Kalsel Tahun 2019 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Aplikasi "Si Krifik" Diskominfo HSS resmi diluncurkan

Ia juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada panitia karena telah memberikan kepercayaan dan memilih HSS, untuk menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan peserta dari seluruh wilayah Provinsi Kalsel.

Ujian ini dilaksanakan Balai Monitor SFR Kelas II Banjarmasin sebagai penyelenggaranya, bekerjasama dengan Orari Daerah Kalsel, Orari Lokal HSS dan Diskominfo HSS.

"Jumlah peserta yang mengikuti UNAR sebanyak 343 orang, terdiri dari tingkat siaga 278 peserta, tingkat penggalang 46 peserta, dan tingkat penegak 19 peserta," katanya.

Wakil Ketua Orari Daerah Kalimantan Selatan (Orda) Kalsel Masdulhak, mengatakan agar peserta yang telah dinyatakan lulus dan telah mendapatkan Ijin Amatir Radio (IAR) agar segera mengurus keanggotaan orari sebelum sampai 61 hari sejak tanggal di terbitkannya IAR.

"Ini dilakukan agar resiko pencabutan IAR tidak akan terjadi dan saudara dinyatakan sebagai anggota orari, dengan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dikeluarkan oleh Orari pusat di Jakarta," katanya.

Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin Mujiyo, mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS yang telah memberi kontribusi baik secara langsung ataupun tidak langsung, sehingga penyelenggaraan acara ini dapat berjalan dengan baik.

Kadiskominfo HSS Hendro Martono (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Aplikasi "Si Krifik" Diskominfo HSS resmi diluncurkan

Ketua Pelaksana H. Ahmad Yani, mengatakan uji kompetensi anggota terutama yang naik tingkat penggalang dan penegak, untuk tingkat siaga merekrut anggota baru kemudian memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkomunikasi di frekuensi sesuai aturan yang ada.

Dalam rangkaian acara tersebut, diserahkan pula piagam penghargaan kepada dua orang peserta termuda yaitu Rifky Setiawan dan M. Thariqul, serta satu orang peserta tertua Anang Rifai.

Peserta ujian dari Banjarmasin Arifin, mengatakan mengikuti ujian naik tingkat dengan tujuan meningkatkan persaudaraan, dengan harapan semuanya bisa kompak.

Acara ini dihadiri perwakilan Dirjen SDPPI Kementrian Kominfo beserta staf, DPP dan Pengurus Orda Kalsel, Pengurus Orari lokal se Kalsel, dan peserta UNAR se Kalsel.

Penyerahan penghargaan (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019