Para jurnalis yang bertugas di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar musyawarah pembentukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten HST di Rumah Makan Femina Barabai, Senin (11/11/2019).

Pada forum musyawarah yang dibimbing langsung oleh Ketua dan Sekretaris PWI Provinsi Kalsel, Ir Zainal Helmi dan Yusni Hardi itu akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai ketua PWI Perwakilan Kabupaten HST, wartawan senior dari Kalimantan Post yaitu Syarifuddin atau Ari untuk masa jabatan tiga tahun ke depan.

Baca juga: Ketua PWI Kalsel juara liga wartawan

Musyawarah itu juga turut didampingi Kabag Humas setda HST dan beberapa Kasubagnya beserta Humas dari Kodim 1002 Barabai dan Polres HST sebagai partner media selama ini dalam mendukung pemberitaan pembangunan di Bumi Murakata.

Bupati HST, H A Chairansyah yang hadir saat makan siang itu menilai, fungsi media saat ini sangat strategis dalam menyampaikan pemberitaan yang positif kepada masyarakat sebagai sarana mencegah beredarnya informasi-informasi hoax.

Baca juga: Ini yang disampaikan Ketua PWI Kalsel saat Sambangi Humas HST

"Kami atas nama Pemkab HST mengucapkan selamat kepada Ketua PWI Perwakilan HST yang telah terpilih dan semoga organisasi ini terus maju dan punya andil mendukung pembangunan di HST dalam fungsinya menyampaikan publikasi hasil-hasil yang telah dicapai kepada masyarakat," katanya.

Sekda HST, H Akhmad Tamzil juga mengucapkan terimaksih kepada para awak media yang selama ini senantiasa menjadi lembaga kontrol dan mengawal proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Baca juga: Sabirin terpilih sebagai Ketua PWI Kabupaten Tabalong

"Pemerintahan kami selalu terbuka dan sangat mengarapkan kritik yang sifatnya membangun guna kemajuan HST ke depannya. Kami juga mengharapkan agar para awak media dalam membuat berita tidak sepihak namun selalu cek and balancing agar informasi yang disampaikan berimbang dan jelas," kata Tamzil.

Sedangkan, Ketua PWI Provinsi Kalsel, Zainal Helmi mengatakan, sangat mengapresiasi atas dukungan Pemerintah Daerah khususnya di HST terhadap para wartawan.

Baca juga: Kalsel tuan rumah HPN 2020

"PWI Kalsel sendiri saat ini memang terus melakukan pembinaan terhadap para wartawan yang ada di daerah, agar mereka mempunyai kompetensi dalam mendukung kinerjanya di lapangan," katanya.

Hasil Musyawarah Pembentukan PWI Perwakilan Kabupaten HST itu adalah sebagai berikut:

1. Ketua : Syarifuddin atau Ari dari Media Kalimantan Post
2. Sekretaris : M Taupik Rahman dari Media LKBN Antara Kalsel
3. Bendahara : Aang Maturidi dari Media Banjar TV
4. Bidang Organisasi : Tahmdillah dari Media Barito Post
5. Bidang Pendidikan : HN Lazuardi dari Media Apa Habar
6. Bidang Kesejahteraan : Wahyu Ramadhan dari Media Radar Banjarmasin
7. Bidang Hukum dan Pembelaan Wartawan : Eka Pertiwi dari Media Banjarmasin Post

Baca juga: Berikut formasi CPNS Kabupaten HST 2019
Baca juga: HST juara pertama turnamen sepak bola Paman Birin Cup 2019
Baca juga: HST posisi ketujuh pada MTQN ke-32 di Kotabaru

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019