Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Ia mengatakan, melalui peringatan Hari Pahlawan diharapkan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, seperti ungkapan The Founding Fathers Bung Karno bahwa "hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dapat menajdi bangsa yang besar".

"Semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia," katanya, saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Sosial Juliari P Batubara, Senin(11/11).

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Peringati 157 tahun wafatnya Pangeran Antasari, berikut pesan Bupati HSS

Dijelaskan dia, menjadi pahlawan masa kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi - aksi nyata memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI).

Aksi-aksi tersebut, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainnya.

Ia juga, mengucapkan selamat Hari Pahlawan tahun 2019, tema Aku Pahlawan Masa Kini menjadi motivasi kita untuk memberikan yang terbaik sesuai dengan profesi dan bidang masing-masing.

Penyerahan tali asih untuk pejuang veteran (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS gelar peringatan Hari Santri Nasional IV tahun 2019

Tantangan sekarang bagaimana menurunkan angka kemiskinan, mengatasi pengangguran, dan banyak hal yang harus dilakukan, dan cita-cita kemerdekaan adalah mensejahterakan masyarakat, terus berupaya memaknai hari pahlawan ini untuk menyejahterakan masyarakat.

Upacara juga diisi dengan pembacaan pesan pahlawan dan penyerahan tali asih kepada pejuang veteran, turut dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Forkopimda HSS, Ketua MUI HSS KH Muhammad Ridwan Baseri, veteran pejuang, undangan dan peserta upacara.

Foto bersama (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019