Oleh Rusmanadi

Tanjung, Kalsel, 30/8 (Antara) - Keterwakilan perempuan yang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten, Kalimantan Selatan, terbanyak di daerah pemilihan IV yakni 38 orang.

  Di dapil yang mencakup wilayah Utara Tabalong yakni Kecamatan Haruai, Jaro, Muara Uya, Bintang Ara dan Upau dengan total caleg perempuan 38 orang dan laki-laki 70 orang, kata Ketua KPU Tabalong, Fahriansyah, Jumat di Tanjung, ibukota Kabupaten Tabalong, Jumat.

Dari 12 partai yang maju pada pemilu legislatif April 2014, keterwakilan perempuan di dapil ini paling banyak 4 orang masing-masing dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Golkar dan demokrat.

Sedangkan partai nasdem, PKB, PDIP, gerindra, PAN, PPP, hanura dan PKPI keterwakilan perempuan hanya 3 orang kecuali Partai Bulan Bintang (PBB) sebanyak 2 orang.

Di dapil IV sendiri jumlah caleg yang masuk DCT terbanyak dibanding 3 dapil lainnya yakni 108 caleg, sedangkan dapil 1 seanyak 70 orang.

Dapil II dan III masing-masing 75 orang dan 76 orang dengan keterwakilan perempuan sebanyak 33 persen.

Sementara itu dari jumlah caleg terbanyak yang masuk DCT berasal dari partai PPP dan Golkar, masing-masing 30 orang.

Untuk Golkar keterwakilan perempuannya 12 orang dan laki-laki 18 orang, PPP jumlah caleg perempuan juga 11 orang dan laki-laki 19 orang.

Sebaliknya partai dengan jumlah caleg terkecil yakni PBB sebanyak 23 orang terdiri atas 8 perempuan dan 15 laki-laki.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013