Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) bersama KNPI HST menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di  Lapangan Dwi Warna Barabai, Senin (28/10). 

Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda dan diikrarkan pada tahun 1928. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Baca juga: Empat pengurus KNPI HST berhasil duduk di parlemen

Turut serta dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 91 tersebut murid sekolah serta mahasiswa, organisasi-organisasi kepemudaan, dan PNS lingkup Pemerintah Kabupaten HST, Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati HST H A Chairansyah.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali yang sambutannya dibacakan oleh Bupati HST H A Chairansyah mengatakan, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja.

Baca juga: KNPI HST nyatakan dukungan penolakan tambang pada hari sumpah pemuda

Disamping itu juga, pemuda harus beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Menurutnya, pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Baca juga: KNPI HST kampanyekan anti hoax dan baksos

Dia juga mengharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun, tentunya dalam hal yang posistif.

"Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap ke depan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia," katanya.

Baca juga: DPD KNPI HST 2018-2021 dipimpin Taufik Rahman

Terpisah, Ketua DPD KNPI HST, Taufik Rahman menyampaikan, ada beberapa kegiatan yang digelar oleh KNPI bekerjasama dengan Dispora untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda Tahun ini.

"Diantaranya adalah lomba tari kreasi dan madihin dari tingkat SMP hingga SMA dengan memperebutkan hadiah senilai Rp10 juta lebih," katanya.

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut dapat menambah semangat dan menggali kreatifitas para pemuda khususnya di Kabupaten HST.
 
Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019