Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Aparatur di lingkup sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertugas di kabupaten dan kota seluruh Provinsi Kalimantan Selatan diminta menjaga netralitas.


"Seluruh aparatur KPU baik tingkat kabupaten dan kota harus netral dalam tahapan pemilihan umum," ujar Sekretaris KPU Kalsel Bambang Setiawan di Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan hal itu usai pelantikan pejabat eselon III dan IV sekretariat KPU Kota Banjarbaru di Aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru dihadiri Wali Kota Ruzaidin Noor dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah kota setempat.

Menurut dia, aparatur KPU baik sekretaris maupun pejabat struktural dan staf harus bisa menjaga netralitas dengan tidak memihak individu maupun golongan atau kelompok.

"Jangan sampai karena dekat dengan individu atau suka dengan salah satu golongan kemudian membela dengan mengesampingkan netralitas yang menjadi tugas utama di lembaga itu," pesannya.

Ditekankan, seluruh aparatur di lingkup sekretariat KPU memiliki tugas sebagai fasilitator bidang teknis dan adminitrasi untuk mendukung anggota KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum baik pemilu legislatif maupun pemilihan kepala daerah.

Disisi lain, kata dia, aparatur KPU juga harus pro aktif melaksanakan tugas sesuai tahapan pemilu sehingga rangkaian pemilu yang sudah direncanakan berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Seluruh aparatur KPU harus pro aktif dan bekerja mengikuti tahapan pemilu karena jadwalnya sudah ditetapkan sehingga harus diikuti agar setiap tahapan selesai sesuai target," ujarnya.

Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor meminta pejabat KPU yang baru dilantik harus mampu menjalankan tugas sebagai pendukung bidang teknis dan administrasi terhadap anggota KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Jalankan tugas sebaik-baiknya dan seperti pesan sekretaris KPU provinsi maka netralitas harus dijaga sehingga tidak memihak individu maupun golongan dalam tahapan pemilu," pesannya.

  Sementara itu, posisi Sekretaris KPU yang kosong diisi Aisyah Amini yang sebelumnya bertugas di Inspektorat Kota Banjarbaru dan dilantik oleh Sekretaris KPU Kalsel disaksikan wali kota dan undangan lain.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013