Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor menyantuni warga yang ada di sekitar makam Datuk Kelampayan Martapura, Kabupaten Banjar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Santunan Paman Birin d (panggilan akrab lain terhadap Sahbirin Noor) tersebut, usai ziarah dalam rangka HUT ke 55 Partai Golkar Tahun 2019 ke makam Datuk Kelampayan (sekitar 60 kilometer utara Banjarmasin), Sabtu.

Warga yang memadati lorong keluar/masuk peziarah Datuk Kelampayan tersebut mendapatkan uang dari Paman Birin yang juga Gubernur Kalsel itu perorang Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah).

Mereka tampak riang gembira mendapatkan uang dari Paman Birin sehingga banyak yang mau bersalaman dengan orang nomor satu di Partai Golkar Kalsel atau di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) tersebut.

Keadaan itu terlihat dari seorang anak kecil yang mengejar mau bersalaman, kemudian langsung Paman Birin angkat dan gedung menuju mobil yang siap berangkat ke Banjarmasin.

"Sudah, umpat (ikut) ke Banjar haja ," ucap Paman Birin, dan si anak itupun meronta minta lepas ketika mendengar mau dibawa ke Banjar.

Habis dari Datuk Kelampayan, seorang ulama besar masa kejayaan Kerajaan Banjar pada abad 18 itu, rombongan Golkar tersebut melanjutkan ziarah ke makam Tuan guru H Mu Zaini Abdul Ghani atau Guru Sakumpul Martapura.

Ketika ziarah ke Sakumpul itu hujan turun dengan derasnya, sehingga para relawan  menawarkan jasa payung gratis kepada peziarah yang mau kembali ke mobil, karena tempat parkir sekitar 200 meter jaraknya dari makam.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019