Sampah merupakan masalah yang penanganannya memerlukan sinergitas dengan melibatkan banyak pihak, diantaranya masyarakat bekerja sama dengan Pemerintah daerah.

Demikian diungkapkan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dalam menyampaikan sambutan pada meresmikan bank sampah Cinta Lingkungan Berkah Jaya di Desa Mekarpura Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kamis (24/10).

Menurut bupati, persampahan merupakan permasalahan besar dan penting yang dihadapi oleh hampir semua daerah di negeri ini.

Baca juga: Rektor ULM larang penggunaan botol plastik di kampus

"Saya sangat mengapresiasi keberadaan bank sampah Cinta Lingkungan Berkah Jaya yang ada di Desa Mekarpura ini semoga terus berlanjut," katanya
.
Bank sampah ini, lanjut bupati, merupakan bagian dari upaya mewujudkan Kabupaten Kotabaru bebas dari sampah dan kantong plastik.

Selain itu, melalui kegiatan yang terlembaga ini sekaligus menjadi momentum menggerakan masyarakat dalam segi kebersihan serta meningkatkan ekonomi masyarakat demi suksesnya pengelolaan sampah yang berbasis masyarakat dan berkelanjutan.

Baca juga: YABN dan Tuti ajak masyarakat bijak kelola Sampah

"Program ini agar terus diperhatikan dan dijaga demi kebersihan kita bersama serta peningkatan ekonomi," harapnya.

Termasuk rangkaian kegiatan tersebut, bupati menyerahkan beberapa bantuan kepada masyarakat setempat, antara lain bantuan pangan non tunai (BPNT), yang merupakan peralihan dari bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra).

Kemudian bantuan Kartu Asuransi Nelayan, Bantuan buku-buku pelajaran untuk anak TK/paud, Bantuan Rehab Kelas dan Bantuan perlengkapan kelas.

Hadir dalam peresmian tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru, Kepala SKPD , Camat Pulau Laut Tengah beserta jajarannya dan Forkopimca Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Baca juga: Pemuda diajak peduli kebersihan sungai

Pewarta: M. Shohib

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019