Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta me-launching atau meluncurkan Program Gapura Karomah (Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomi Lemah), dirangkaian  apel gabungan,  di halaman Kantor Bupati Tanah Laut,  Senin (21/10).

Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan, Program Gapura Karomah merupakan salah satu program unggulan yang sudah dirancang Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut  dalam visi misi pembangunan 2018-2023.

Program tersebut, menurut dia, dikenal dengan bunga nol persen untuk mendorong ekonomi rakyat atau penggiat industri kecil menengah (IKM) di Bumi Tuntung Pandang.

“Ini bukan bagi-bagi uang dan bukan pemerintah daerah yang meminjamkan tapi BPR. Pemerintah menginvestasikan uang untuk tahap pertama sebesar Rp 10 miliar dan tahun depan sebesar Rp 22,5 miliar. Supaya IKM kita bisa berkembang karena modalnya tidak kita bebani bunga, intinya kita bicara kesejahteraan bagaimana IKM kita tumbuh dan mendapat keuntungan dari modal yang dipinjamkan BPR,” papar bupati.

Bupati juga menyebut, jika program bunga nol persen  merupakan program satu-satunya di Indonesia yang bisa dilaksanakan Kabupaten Tanah Laut.

Dia  mengharapkan,  telah di-launching-nya atau diluncurkannya  program tersebut  bisa membuat IKM Tanah Laut  tumbuh dan berkembang semakin baik.

“Program ini sudah kita launching hari ini,  sehingga sudah hampir kita penuhi tujuh program unggulan yang jadi janji kampanye saya bersama wakil bupati. Saya bersyukur dan berterimakasih pada tim yang sudah mewujudkan bunga nol persen ini,” ujarnya.

Kegiatan launching tersebut ditandai penyerahan berkas calon peminjam yang memiliki jenis usaha mikro sektor usaha pertanian, perikanan, peternakan, perdagangan, industri kecil dan usaha lainnya berdomisili di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Selain itu, juga ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan investasi daerah berupa pinjaman modal usaha mikro diantaranya oleh bupati, wakil bupati, Kepala OJK Regional IX Kalimantan, Plt Sekretaris daerah, Asisten Ekobangkesra, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Inspektur Kabupaten Tanah Laut, Kepala BPKAD serta Kepala Bappeda.

Sementara data awal diterima SKPD teknis sudah diverifikasi menjadi calon peminjam adalah dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan sebanyak 350 orang, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan sebanyak enam orang, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan 30 orang serta Dinas Peternakan sebanyak delapan orang.
Bupati Tanah Laut H Sukamta me-launching atau meluncurkan Program Gapura Karomah (Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomi Lemah), dirangkaian apel gabungan, di halaman Kantor Bupati Tanah Laut, Senin (21/10).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019