Wakil Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Abdi Rahman meresmikan gedung baru Palang Merah Indonesia Cabang Tanah Laut, di Jalan H Boejasin Pelaihari, Jum’at (18/10).

Ketua PMI Tanah Laut H Syahrian Nurdin mengatakan, peresmian gedung baru PMI Tanah Laut  merupakan rangkaian dari kegiatan Temu Karya Relawan Daerah (TKRD) PMI Tingkat Provinsi Kalsel.

"Tanah Laut menjadi tuan rumah kegiatan TKRD  yang diadakan di Pantai Taksiung, sehingga kita selipkan kegiatan persemian gedung baru ini,”ungkapnya.

Dia  harap gedung baru PMI Tanah Laut bisa memberikan motivasi atau menginspirasi PMI kabupaten/kKota lainnya  di Kalsel karena bangunan gedung baru tersebut hibah dari pemerintah kabupaten.

Baca juga: Staf Ahli Bupati lepas kontingen TKRD PMI HST

Syahrian Nurdin mengungkapkan, pengadaan tanah dan bangunan permanen yang sekarang digunakan PMI Tanah Laut dimulai sejak tahun 2017, dimana anggarannya lumayan besar yaitu Rp2,540 miliar.  Gedung PMI Tanah Laut baru tersebut, jelas dia, memiliki dua lantai dan sudah berstandar nasional.

“Saya yakin ini adalah salah satu yang paling megah di Kalsel," tandasnya.

Ketua PMI Tanah Laut mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemkab Tanah Laut telah menghibahkan tanah dan bangunan untuk PMI setempat.

Lebih lanjut dia mengemukakan,  Pemkab Tanah Laut sudah banyak membantu PMI dan pihaknya sangat mengapresiasi hal itu.

“Saat ini kami mendapat anggaran Rp2,2 miliar berupa peralatan untuk operasional markas PMI Tanah Laut dan barangnya sudah datang 70 persen,”terangnya.

Baca juga: PMI Batola gelar orientasi sukarelawan

Sementara itu,  Wabup Tanah Laut  Abdi Rahman mengatakan, dulu kantor PMI Tanah Laut tidak sebagus sekarang, bahkan terkesan angker.

"Dulu letaknya di hutan kota, tempatnya kecil dan  sempit. Disana terkenal angker,  saya yakin banyak orang yang tidak berani datang kesana jika hari sudah malam,"ujarnya.

Dia  mengatakan, memberikan  bantuan kepada PMI Tanah Laut sebuah kewajiban dari Pemkab Tanah Laut.

Karena, terang dia, PMI adalah sebuah wadah atau perkumpulan yang bergerak di bidang kemanusiaan dan membantu seluruh masyarakat.

“Membantu PMI sama dengan membantu masyarakat banyak, kita tahu PMI bergerak dibidang kemanusiaan, pelayanan kesehatan, penanggulangan bencana dan fungsi lainnya,"imbuhnya.

Baca juga: Biddokkes Polda gandeng PMI gelar donor darah

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019