Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan menggelar Orientasi Relawan KSR (Korps Sukarelawan) dan TSR (Tenaga Sukarelawan), di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola, Selasa (8/10).

Orientasi dibuka Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor tersebut berlangsung sejak Selasa sampai Kamis (8 sampai 10 Oktober) 2019 diikuti 37 peserta, di gedung SKB Marabahan.

Pembukaan Orientasi Sukarelawan PMI Batola dihadiri para anggota Forkopimda atau yang mewakili, perwakilan BPBD Batola dan para pengurus PMI Batola itu ditandai penyematan tanda peserta oleh Wabup Batola Rahmadian Noor.

"PMI merupakan organisasi kemanusiaan. Kita mengedepankan rasa sosial untu membantu orang lain maupun warga yang tertimpa musibah," tutur wabup.

Wabup Rahmadian Noor yang juga Ketua PMI Batola berharap, jiwa sukarelawan ada di diri setiap anggota PMI Batola.

"Walau pun disadari untuk menanamkan jiwa sukarelawan tentunya diperlukan bekal pengetahuan yang cukup sebelum bertugas,"ungkapnya.

Karena itu, dia menilai, kegiatan Orientasi Sukarelawan cukup penting bagi setiap anggota PMI.

Wabup yang akrap disapa pak Rahmadi juga menyampaikan rasa bangga terhadap seluruh peserta yang di era individualistis seperti sekarang masih memiliki jiwa sosial dan kesukarelaan yang tinggi.

Di akhir sambutan, wabup berpesan, kepada para peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan dengan seksama serta mempelajari prinsip-prinsip dasar PMI agar setelah mengikuti kegiatan bisa lebih memahami akan peran dan tugas.

"Perlu disadari PMI bertugas atas dasar kesukarelawan sehingga sangat disayangkan jika di kemudian hari ada oknum-oknum yang memiliki tujuan pribadi dalam bertugas," katanya.

Dia berharap, kepada para anggota PMI untuk memegang teguh prinsip-prinsip dasar tersebut.

Kegiatan Orientasi itu diikuti peserta yang berasal dari anggota Korps Sukarelawan (KSR) dan Tenaga Sukarelawan (TSR) Perwakilan PMI di setiap kecamatan. Kegiatan orientasi di bimbing empat fasilitator terampil dari PMI.

Pada kegiatan itu peserta diberi materi pelatihan berupa dasar-dasar organisasi PMI dan dasar-dasar teknis rescue.
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Kuala menggelar Orientasi Relawan KSR (Korps Sukarelawan) dan TSR (Tenaga Sukarelawan), di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola, Selasa (8/10).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019