Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar akhirnya memiliki pimpinan definitif setelah empat unsur pimpinan dilantik dan diambil sumpahnya pada rapat paripurna, Senin.

Ketua DPRD Banjar dijabat M Rofiqi dari Partai Gerindra didampingi tiga wakil ketua yakni Agus Maulana (Golkar), Akhmad Rizanie Anshari (Nasdem) dan Akhmad Zacky Hafizie dari PPP. 

Empat unsur pimpinan DPRD Banjar periode 2019-2024 itu dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Banjar Makmurin Kusumastuti disaksikan Bupati Banjar Khalilurrahman. 

Selain itu, juga disaksikan seluruh anggota dewan yang berjumlah 41 orang dari 45 anggota DPRD hasil pemilu legislatif yang dilaksanakan bulan April lalu dan sudah resmi menjadi wakil rakyat. 

"Kami akan melaksanakan tugas dan amanah ini bersama seluruh anggota dewan. Tentu semuanya harus didukung baik dukungan anggota dewan maupun eksekutif," ujar Ketua DPRD M Rofiqi usai pelantikan. 

Menurut Rofiqi, tugas selanjutnya pimpinan dewan adalah menetapkan 7 fraksi yakni Fraksi Gerindra, Golkar, Nasdem, PPP, PKB-PDIP, Demokrat dan PAN-PKS-Hanurabserta menyusun tata tertib DPRD.

Bupati Banjar Khalillurraman mengucapkan selamat atas pelantikan pimpinan definitif DPRD Banjar yang akan menjadi mitranya selama dua tahun ke depan dari sisa periode kepemimpinan bupati. 

"Anggota DPRD Banjar sebagai wakil rakyat harus mengetahui, memahami dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintah bersama pemerintah daerah," ujarnya. 

Dikatakan, DPRD memiliki tiga fungsi yang diatur dalam Undang-undang yakni penganggaran, bidang legislasi dan pengawasan yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan rakyat bersama jajaran Pemkab Banjar. 

"Kami akan membangun kerja sama dan menjalin komunikasi intensif dengan anggota DPRD Banjar yang baru sehingga mampumenggerakkan pembangunan menuju masyarakat sejahtera dan barokah," katanya. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019