Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) segera mengumumkan wacana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada pertengahan Oktober 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tanah Bumbu, Dahliansyah melalui Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi, Muhammad Untung, di Batulicin, Jum'at mengatakan, jumlah formasi penerimaan CPNS yang sudah diserahkan kepada Menpan mencapai 779 formasi.

"Jumlah formasi CPNS yang kita ajukan kepada Menpanpan yakni terdiri dari formasi kesehatan, pendidikan dan keputusannnya akan disahkan pada Oktober mendatang," katanya.

Sedangkan seleksi administrasi dilaksanakan pada November, pengumuman pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan antara Februari-April 2019.

Baca juga: Sebanyak 1.759 warga Tanah Bumbu terserang ISPA

Sedangkan untuk penerimaaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Pemkan Tanah Bumbu juga belum menerima kepastian berpa jumlah kuota yang akan diberikan oleh Kemenpan.

Dijelaskan Untung, sebernarnya kebutuhan tenaga PNS untuk mencukupi seluruh Satuan Operasional Perangkat Daerah (SOPD) mencapai 7.944 orang, namun baru terpenuhi sekitar 4144 per April 2019.

Artinya di Kabupaten Tanah Bumbu masuh kekurangan jumlah PNS PNS sekitar 4.122 orang dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sementara waktu diisi oleh tenaga honorer.

Sedangkan Wacana seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) anggaran 2019 di Kabupaten Tanah  Bumbu diwacanakan mengunakan sistem yang menyerupai Ujian Nasional  Berbasis Komputer (UNBK).

"Namun keputusan tersebut masih menjadi pertimbangan antara Kemenpan RB dengan Badan Kepegawaian Negara," pungkasnya. 
Baca juga: Teluk Kepayang Tanah Bumbu ikuti lomba toga tingkat nasional
Baca juga: Tanbu segera tatapkan regulasi pajak bangunan sarang walet
Baca juga: Pemkab Tanbu gelontorkan Rp4 miliar untuk wisata

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019