Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan H Sayed Jafar menyerahkan bantuan lampu penerangan berupa 417 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya kepada masyarakat di Pulau Laut Timur.

Sayed Jafar di Kotabaru, Selasa, mengatakan masyarakat tidak salah tanggap dalam menerima bantuan, karena banyak beranggapan kalau sudah dibantu lampu tenaga surya berarti daerahnya tidak akan dialiri listrik dan hanya dibantu dengan alat itu saja.

Mereka yang mendapatkan PLTS tersebar di empat desa di Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Betung 109 unit, Desa Karang Sari Indah 80 unit, Desa Batu Tunau 152 unit, dan Desa Tanjung Pengharapan 76 unit.
Baca juga: Bupati serahkan bantuan untuk masyarakat Pulau Laut Timur

Dengan bantuan lampu tenaga surya ini diharapkan nantinya untuk dipasang dan dipelihara dengan baik. Tujuan dari bantuan ini adalah untuk membantu warga yang masih belum bisa dialiri listrik dari PLN.

“Saya berharap mudah-mudahan ke depannya pemerintah daerah bisa melaksanakan program-program lanjutan khususnya dalam hal penerangan listrik,” pintanya.

Dalam kesempatan Ini Bupati Kotabaru juga menyerahkan bantuan berupa 5 kartu nelayan, Bantuan Pupuk untuk kelompok Tani Sejakah Makmur Desa Bekambit Asri dan kelompok Tani Sri Unggul Desa Betung.
Baca juga: DPRD tindaklanjuti proyek Jembatan Pulau Laut ke pusat

Bantuan yang sumber dari dana APBN berupa Bibit karet untuk kelompok Tani Smber Lestari dan Kelompok Tani Sejakah Asri Desa Sejakah, Bantuan kegiatan Pembangunan jalan produksi perkebunan kepada kelompok tani desa betung serta bantuan Dana hibah pengurus mushola Al ikhlas Desa Bekambit Asri kecamatan Pulau Laut Timur.

Camat Pulau Laut Timur, Tri Basuki, mengucapkan terimakasih kepada bupati serta pemerintah Kotabatu yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Pulau Laut Timur yaitu lampu tenaga surya yang sangat berarti bagi mereka yang tempat tinggalnya belum teraliri listrik dari PLN.

"Memang masyarakat disini sebagian tempat tinggal mereka agak berjauhan satu sama lain sehingga susah dijangkau listrik dari PLN" ungkapnya.
Baca juga: Governor pushes acceleration of Pulau Laut Bridge

Dalam kesempatan itu Basuki juga mengharapkan agar nantinya Pemerintah Kotabaru bisa memberikan bantuan yang lainnya khususnya dalam pengairan lahan pertanian karena melihat sebagian besar masyarakat Pulau Laut Timur berprofesi sebagai petani.

"Semoga saja nanti bisa dibuatkan waduk atau irigasi untuk pengairan lahan pertanian" katanya.***3***

 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019