Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antara) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin selama Ramadan meningkatkan kinerjanya di lapangan dengan lebih maksimal melakukan pengaturan arus lalu lintas.

Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarmasin, Kombes Pol Suharyono SH Sik di Banjarmasin, Rabu mengatakan, kinerja Satlantas itu harus maksimal guna meminimalisir kemacetan.

Menurutnya polisi lalu lintas harus ada disetiap persimpangan jalan, serta di tempat-tempat yang adanya aktivitas pasar Ramadan yang berdekatan dengan arus lalu lintas.

Memang setiap saat ini belum terlihat kemacetan luar biasa, namun polisi juga harus lebih dulu antisipasi sebelum terjadi kemacetan seperti terjadi pertengahan Ramadan hingga lebaran.

Dengan adanya polisi di lapangan sehingga arus lalu lintas itu bisa terus lancar karena adanya pengaturan sehingga pengendara merasa aman dan nyaman di jalan raya.

Selain pengendara aman dan nyaman saat di jalan raya, masyarakatpun akan lebih tertib terhadap peraturan lalu lintas, sehingga tidak ada pelanggar ataupun kecelakaan lalu lintas saat berkendara.

Terus dikatanya, saat ini juga sedang dilaksanakannya Operasi Patuh 2013 sehingga pelaksanaan di lapangan juga harus lebih maksimal guna penegakan hukum dalam berlalu lintas.

"Saya ingatkan utamakan preventif baru penegakan hukum agar masyarakat atau pengendara bisa lebih paham terhadap aturan lalu lintas yang ada," tuturnya.

Diharapkan, selama Operasi Patuh 2013 ini digelar, terlihat adanya penurunan tingkat pelanggaran lalu lintas dan juga menurun dari tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Banjarmasin ini.

Semoga selama bulan Ramadhan ini setiap kegiatan masyarakat berjalan aman serta nyaman, dan polisi akan lebih aktif melakukan pengamanan disetiap pusat keramaian masyarakat baik di jalan raya, pasar atau tempat lainnya, serta tidak ada kedala apapun, demikian Suharyono.

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013