Para anggota DPRD Kota Banjarmasin menyatakan dukungan penuh enam pilar pembangunan yang difokuskan pemerintah kota setempat pada kota ini yang hampir berusia ke-493 tahun tepat pada 24 September 2019.

Dukungan penuh kepada pemerintah kota tersebut dinyatakan dalam rapat paripurna dewan dalam rangka memperingati hari jadi ke-493 Kota Banjarmasin, Kamis.

Dalam rapat paripurna tersebut, seluruh anggota dewan, wali kota dan wakil wali kota beserta unsur pimpinan daerah lainnya dan para kepala SKPD, camat hingga lurah mengenakan pakaian adat Banjar.

Dalam sambutannya, Ketua sementara DPRD Banjarmasin Harry Wijaya mengatakan, dewan siap mendukung apa saja program yang telah dicanangkan pemerintah setempat. Apalagi itu sudah menjadi tugas DPRD untuk mengawal pembangunan di kota ini.

Sebagaimana yang diketahui, ujarnya, ada enam pilar utama pembangunan Banjarmasin yang lebih maju disampaikan pemerintah kota, di mana semua itu patut diapresiasi pihaknya di legislatif.

Adapun enam pilar tersebut, tuturnya, adalah Banjarmasin Bertaqwa, Banjarmasin Aman, Banjarmasin Indah, Banjarmasin Maju, Banjarmasin Amanah dan Banjarmasin Nyaman.

"Kami berharap hubungan baik tetap terjalin antara legislatif dan eksekutif di Banjarmasin. Ini untuk mewujudkan pembangunan yang merata untuk kesejahteraan warga Banjarmasin," ujarnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menginginkan, ke depan pemerintah tetap fokus melakukan pembenahan di segala bidang, sesuai dengan tema hari jadi untuk mewujudkan kota ini sebagai Kota Pariwisata Sungai dengan wira usaha baru yang kreatif dan inovatif.
rapat paripurna dewan memperingati Harjad ke-493 Banjarmasin.(dok)

Hal senada juga dinyatakan Wakil Ketua sementara DPRD Banjarmasin M Yamin, bahwa di usia Kota Banjarmasin yang ke-493 ini, sebagai ibu kota provinsi tantangan ke depan akan semakin besar.

Namun pihaknya berjanji akan terus mengawal sesuai dengan tugas dan fungsi dewan, sambung politisi Gerindra ini.

Dikatakan dia, pada era keterbukaan dan teknologi yang makin canggih ini, pemerintah kota harus berani dan bisa memanfaatkan serta memanajemen sumberdaya yang dimiliki, termasuk peningkatan SDM untuk mencapai enam pilar pembangunan Pemkot setempat bisa terwujud cepat.

"Memang masih banyak yang harus dibenahi. Misalnya terkait kesehatan dan kebersihan lingkungan. Insya Allah dengan dukungan masyarakat, kita bisa mewujudkan kota ini sebagai Kota Baiman (Barasih wan nyaman)," harapnya.

Baca juga: Enam orang tokoh sudah ambil blanko pendaftaran di PDIP Banjarmasin
Baca juga: Banjarmasin BPBD acknowledges sabotage issue in fire accidents
Baca juga: Kemenag Kalsel: Seorang jemaah dibadalkan haji
Baca juga: BPBD Banjarmasin akui ada isu sabotase kebakaran permukiman

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019