Pemerintah Kabupaten Tapin laksanakan Sholat Istisqo atau Sholat meminta hujan yang dilaksanakan di Lapangan Dwi Dharna Rantau, Rabu (17/9) yang dimulai pukul 07.30 Wita.

Ribuan jamaah dari unsur pemerintah, pelajar, TNI, Polri dan elemen masyarakat berbaur dalam melaksanakan sholat yang diimami oleh KH M Hasnan tersebut.

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan mengatakan Sholat Istisqa merupakan ibadah sunah yang biasa dilakukan oleh umat Islam apabila musim kemarau berlangsung lama.

"Kita menyadari adanya kekuatan lain selain hanya mengandalkan kemampuan manusia dalam menghadapi kemarau ini dan menghadapi bencana Karhutla yang sering terjadi ini, yakni meminta kepada Allah," ujar Bupati.

Arifin mengajak warga agar ikut berpartisi untuk mengurangi dampak kabut asap dengan tidak melakukan pembakaran lahan yang tentunya sangat merugikan orang banyak.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk banyak melakukan berdoa dan beristigfar kepada Allah SWT serta tidak lagi melakukan perbuatan maksiat yang bisa mengundang datangnya bencana.

"Kita berharap dengan melaksanakan sholat Istisqo ini bisa langsung di ijabah oleh Allah dan turun hujan agar bisa mengrangi Karhutla dan mengurangi kabut asap yang terjadi," ujarnya.


 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019