Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Kabupaten Hulu Sungai Utara turut mengikuti pameran kerajinan nusantara (Kriyanusa) 11 -15 September di Balai Kartini Jakarta.

Penyelenggaraan pameran kerajinan dilaksanakan seiring digelarnya rapat kerja nasional (rakernas) dekranasda satu hari sebelumnya di  Kantor Kementerian Pertahanan RI di Jakarta.

Ketua Dekranasda HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid turut hadir pada pembukaan pameran dan meninjau stand Dekranasda HSU yang tetgabung dalam Paviliun Kalimantan Selatan.

"Kita tampilkan produk kerajinan unggulan dari kelompok perajin binaan dekranasda HSU," ujar Anisah di Jakarta, Rabu.
 
. (Eddy Abdillah)

Anisah mengatakan, produk kerajinan unggulan dari Kabupaten HSU seperti eceng gondok, purun, rotan merah (lupu) termasul kain sasirangan dengan pewarna alami dipajang di stand pameran kerajinan nusantara ini.

"Padahal masih banyak jenis produk unggulan yang tidak bisa kita bawa untuk ditampilkan seperti meubel eceng gondok dan lainnya," terang Anisah.

Anisah berterima kasih kepada dekranas pusat dan dekranasda provinsi Kalsel yang selama ini memberikan dukungan dan bantuan kepada dekranasda Kabupaten HSU dalam meningkatkan mutu dan pemasaran produk kerajinan HSU khususnya.

Saat ini, lanjut Anisah, kualitas produk kerajinan diakui bahkan sudah dipasarkan hingga keluar negeri. Perajin juga telah meniliki sendiri galeri atau showroom yang berada di Desa Banyu Hirang Kecamatan Amuntai Selatan.

Anisah lantas memperlihatkan salah satu tas terbuat dari rotan merah (lupu) yang menjadi salah satu produk kerajinan unggulan HSU favoritnya.
 
. (Eddy Abdillah)

Ia berharap melalui ajang pameran kerajinan nusantara yang difasilitasi dekranas pusat bisa semakin menambah pengetahuan pengurus dekranasda HSU, saling tukar pengalaman dengan dekranasda kabupaten/kota se Indonesia.

Selama di ajang pameran, Anisah tak segan turun tangan sendiri melayani pengunjung ke stand HSU, seraya menjelaskan kepada pengunjung berbagai produk kerajinan unggulan HSU dan membagikan brosur dan pamlet.

Salah satu pengunjung dari TVRI Jambi bernama Yunita tertarik memberli tas eceng gondok karena pewarnaan alami dan menarik.

"Kalau di Jambi kami juga ada memiliki produk kerajinan eceng gondok, namun produk dari HSU ini sangat menarik dan bisa menjadi referensi kami," terangnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019