Peringatan hari olahraga nasional ke 36 tahun ini membawa berkah bagi para atlet asal Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.

Pasalnya, pemerintah daerah memberikan bonus uang untuk latihan persiapan atlet menghadapi event-event kejuaraan kedepan.

Bonus khususnya diberikan kepada atlet berprestasi yang dipastikan dikirim untuk mengikuti ajang kejuaraan olahraga sesuai bidang cabang masing-masing.

"Kami sangat berterima kasih karena Pemda dan KONI Hulu Sungai Utara selalu memberikan dukungan kepada para atlet dan pelatih dengan memberikan bonus dan peningkatan sarana latihan," ujar Pelatih catur nasional Ahmad Raihan Hasa di Amuntai, Senin.

Raihan mengatakan, selain pemberian bonus  melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispupar),  Pemda HSU juga memberikan bantuan biaya hidup atlet berprestasi.

Salah satu atlet yang mendapat bantuan, yakni atlet catur junior Nishfa Dayyana Rahmah mewalili atlet lainnya.
. (Eddy Abdillah)

Pemberian bonus diserahkan Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas)  seiring apel gabungan ASN di halaman kantor Pemkabsenin.

Atlet yang bersekolah SDN Murung Sari 1 Amuntai ini, kata Raihan, tengah melakukan pelatihan dengan para pelatih SCUA Bekasi melalui via online.

"Apabila kebetulan main di Jakarta , sekaligus juga mendapat bimbingan dari pelatih SCUA secara langsung," kata Raihan.

Raihan yang tak lain ayah dari Nisfha menambahkan, untuk pelatihan di Amuntai dirinya sebagai atlet catur senior juga melakukan pelatihan dengan menggunakan program dan bahan pelatihan dari SCUA Bekasi.
 
Ahmad Raihan Hasa selaku atler catur nasional dan sebagai pelatih nasional catur juga menerima bonus dari Pemda HSU. (Eddy Abdillah)

Pelatihan yang dilakukan tentunya sebagai persiapan mengikuti berbagai macam event  baik kejurnas, selekda dan porprov akan datang.

Cabang catur salah satu andalan Kabupaten HSU untuk mengikuti event kejuaraan, karena cabang olahraga otak ini sudah mencapai prestasi hingga ke tingkat internasional melalui pecatur-pecatur muda

Wakil bupat membacakan sambutan
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi  berterima kasih atas prestasi atlet-atlet olahraga yang disebutnya sebagai pahlawan-pahlawan olahraga yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara.

Pemerintah mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup dan kebutuhan sesuai tema Peringatan Haornas tahun ini 'Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja'. 

"Olahraga tidak butuh waktu lama atau peralatan mahal cukup gerakan sederhana, di ruang yang terbatas pun olahraga dapat dilakukan," katanya.

Pemerintah akan mengintegrasikan olahraga dengan sistem pendidikan nasional serta menggalakan kegiatan olahraga di masyarakat untuk menumbuhkan minat masyarakat dalam berolahraga, sehingga dapat tumbuh menjadi bagian dari budaya dan kepribadian bangsa.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019