Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Muhammad Noor membuka kegiatan Diseminasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Desiminasi RANHAM) Kabupaten HSS 2019, yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bagian Hukum dan Perundang-Undangan Zaini Fahri di Kandangan mengatakan, desiminasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, meningkatkan dan memperluas pemahaman peserta terhadap arti penghormatan, perlindungan, penegakan HAM.

"Selain itu juga untuk mewujudkan peran serta masyarakat dalam menghormati, memahami, melindungi dan menegakkan HAM di Kabupaten HSS demi terwujudnya ketertiban sosial dan hukum dalam setiap pelaksanaan urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan," katanya, saat menyampaikan laporan.

Diseminasi Rencana Aksi Nasional HAM (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Resmi dilantik inilah daftar anggota DPRD HSS yang baru

Sekda HSS H Muhammad Noor mengatakan,  kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang HAM  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bentuk penyebarluasan nilai-nilai HAM pada aparatur pemerintah dan masyarakat.

Dijelaskan dia, HAM merupakan hak yang melekat pada keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan dan merupakan anugerah dari Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Untuk itu agar semuanya untuk terus mendukung program-program yang dicanangkan pemerintah, bersama-sama menghormati dan menjunjung tinggi HAM, sehingga ke depannya potensi pelanggaran HAM dapat diminimalisir.

Diseminasi Rencana Aksi Nasional HAM (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Mantapkan reformasi birokrasi Kemen PAN-RB asistensi Pemkab HSS

"Dan implikasinya maka akan tumbuh semangat saling menghargai, toleransi, kebersamaan dan kegotongroyongan yang sangat diperlukan dalam pembangunan," katanya, saat menyampaikan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry, bertempat di Gedung Kesenian Kandangan.

Turut berhadir, Asisten Administrasi Pemerintahan Tafrinsyah, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pembangunan dan Kemasayarakatan H. Syaifullah, Kepala Divisi Pelayanan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel Subianta Madala, serta para peserta yang terdiri dari pelajar, pramuka, mahasiswa dan SKPD terkait.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019