Tim peneliti Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin melakukan kunjungan ke lokasi pengolahan biodiesel milik PT Adaro Indonesia di Kabupaten Tabalong.

Anggota tim Nurul Listyani mengatakan kunjungan ini bagian Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi soal penerapan model pengawasan pengelolaan lingkungan hidup dalam pertambangan mineral dan batu bara berbasis asas keterpaduan.

Baca juga: Mengenang Tugu Simpang Empat Paringin Dan Tim CD

"Selain pengolahan biodiesel kita juga melihat langsung lokasi pengolahan air limbah," jelas dosen Fakultas Hukum Uniska Banjarmasin.

Kunjungan di tiga lokasi pengolahan biodiesel maupun limbah ini tim peneliti Uniska didampingi mitra Analisis Hukum Lingkungan Institut dan Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.

Baca juga: Bupati : Keberadaan Adaro dukung percepatan pembangunan

 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Nurul menyampaikan kunjungan ini sebagai kaji terap beberapa lokasi di wilayah pertambangan yang menjadi obyek pengawasan pengelolaan lingkungan hidup.

Baca juga: Adaro inginkan ada perempuan hebat kalsel

Penelitian yang didukung dana hibah Ristek Dikti 2019 ini sebelumnya telah dikaji bersama dalam diskusi kelompok terarah atau Focus Group Discussion bersama instansi, pelaku tambang, LSM dan tokoh masyarakat.

Selain Nurul anggota tim peneliti dari Uniska Banjarmasin yakni Muzahid Akbar Hayat dan Ningrum Ambarsari .

Kunjungan tim peneliti Uniska Banjarmasin ini diterima oleh anggota PT Adaro Indonesia Dodik Choiron dan jajarannya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019