Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad makan bersama ratusan anak-anak di SDN 1 Halamau, Kecamatan Sungai Raya dengan hidangan yang didominasi sayur dan buah.

Kepala SDN 1 Hamalau H. Muhammad Yusri, di Hamalau, Rabu (21/8), mengucapkan  terimakasih kepada Wabup HSS beserta jajaran, dan para pihak pendukung yang telah berhadir di acara kampanye makan buah dan sayur sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di SDN Hamalau 1 tersebut.

"Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa didampingi orangtua atau walinya dengan jumlah siswa siswi SDN Hamalau 1 keseluruhan sebanyak 137 orang, dan orang tua dan wali siswa yang berhadir juga sebanyak 137 orang," katanya.

Kampanye makan sayur dan buah sosiasasi Germas (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS gelar forum koordinasi pelaksanaan Germas

Dijelaskan dia, sosialisasi bertema "Biasakan makan sayur dan buah" juga merupakan bagian dari persiapan sekolah yang akan mewakili Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Wabup HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan bahwa membeli makanan di luar atau jajanan tanpa pengawasan yang ketat dari orang tua sama dengan menyediakan bom waktu untuk mereka yang masih anak-anak, bisa sakit di usia yang belum terlalu tua.

Menurut dia, ini sangatlah penting, yang ingin disampaikan dari kampanye makan sayur dan buah hari ini adalah mulai hari ini dengan semangat mengikuti LSS tingkat provinsi, maka mulai besok diharapkan makannya bisa membawa bekal dan itu lebih murah yang penting sehat.

"Bekal harus ada sayur, ada buah, ada nasi, ada ikan, ada lauknya buat kesehatananak, mudah-mudahan dengan ini otaknya menjadi cerdas pribadinya jadi baik kehidupannya, dan ini dapat berlaku untuk seterusnya, tidak hanya karena lomba saja," katanya.

Selain itu, Wabup HSS berpesan agar budaya cuci tangan pakai sabun apalagi ketika akan makan dan cuci kaki serta gosok gigi sebelum tidur, untuk dilaksanakan oleh anak-anak dan orang tua mendampingi mereka.

Kampanye makan sayur dan buah sosiasasi Germas (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pergerakan massa Germas HSS cegah stunting

Dan mewakili Pemkab HSS, ia mengucapkan terima kasih juga kepada pihak terkait dengan kegiatan tersebut yang selama ini koordinasinya berjalan sangat baik, seperti dewan guru, kepala sekolah, Dinas Pendidikan dan juga Dinas Kesehatan.

Koordinasi tersebut terus berjalan di waktu mendatang, sehingga dapat membentuk anak-anak sebagai generasi emas yang berkualitas dan memiliki kesehatan serta tumbuh kembang yang baik.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama mendukung Germas Makan Buah Serta Sayur setiap hari, oleh Wabup HSS; Kepala Dinas Kesehatan HSS Hj. Zainab; Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, Camat Sungai Raya Susilo Adianto, Kepala Sekolah SDN Hamalau 1 dan seluruh Orang tua siswa.

Penandatangan komitmen bersama (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019