Pihak Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, membekali lulusannya kiat-kiat sukses di dunia kerja.

"Para calon alumni diberikan tips dan trik untuk menghadapi wawancara kerja berikut simulasinya saat mereka lulus sebelum diwisuda," terang Wulida Makhtuna, yang jadi ketua pelaksana pembekalan alumni di Banjarmasin, Selasa.

Untuk pembekalan tahun ini mengangkat tema “Self Empowerment for 4.0 Era”. Hal ini sejalan dengan tren teknologi yang menjadi tantangan para alumni di kemudian hari yaitu tantangan dunia revolusi industri 4.0.

Baca juga: LLDIKTI : Berantas korupsi melalui jalur akademik

Menghadirkan narasumber Mugharry, S.Pd (Product Manager PT Pharmindo) dan Amalia Agustin, S.Pd (Direktur ELITE English Course), keduanya memberi kiat-kiat sukses dalam berkarir dan memperoleh kerja setelah lulus sarjana.

"Narasumber yang diambil tidak lain adalah para alumni terbaik Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin yang telah sukses di bidang pekerjaannya masing-masing. Untuk itu, para calon alumni dapat belajar dari kesuksesan seniornya," tutur Wulida.
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Banjarmasin jalin kerjasama. (ANTARA/Firman)


Pada kesempatan itu, juga disertai dengan penandatanganan kerjasama antara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB).

Kegiatan pembekalan alumni berlangsung selama dua hari. Pada hari kedua, mereka mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris (English Proficiency Test). Kedepannya, sertifikat kemampuan Bahasa Inggris diharapkan dapat berguna untuk pendamping ijazah para alumni yang menjadi nilai tambah dalam bersaing di dunia kerja.

Baca juga: LLDIKTI bangun rasa kepedulian terhadap lingkungan

Ketua STKIP PGRI Banjarmasin Dr Hj Dina Huriaty mengakui, tantangan dunia kerja sekarang sangat berat. Namun para alumni keguruan harus siap bersaing dan tetap mengembangkan potensi diri.

Terkait penandatanganan kerjasama antara UMB dan STKIP PGRI Banjarmasin, dia berharap dapat terlaksana dengan baik untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kemaslahatan bersama.

Baca juga: LLDIKTI XI perjuangkan peningkatan mutu pendidikan

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019