Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Kotabaru menyerahkan bantuan peralatan untuk pemadam kebakaran di Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku.
 
Bantuan yang diberikan mulai dari mesin pompa air, selang, seragam anggota BPK, hingga sebuah armada roda tiga.  

“Lengkap kita berikan, tinggal mereka gunakan saja,” ucap Kepala DPKP Kabupaten Kotabaru Ibnu B Foen, Rabu.
 
Ia melanjutkan bantuan ini untuk penanggulangan bencana kebakaran, terutama karena di wilayah Kabupaten Kotabaru kebakaran merupakan bencana yang paling sering terjadi.

Baca juga: KPH Cantung patrol seize owa-owa from resident
 
Sepanjang 2018 tercatat ada 12 kejadian kebakaran yang melanda pemukiman, sedangkan pada tahun ini di wilayah Pulau Laut Utara saja sudah ada enam kali kejadian.
 
“Harapan kami bantuan yang telah diberikan ini benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, tidak hanya di Desa Rampa saja tapi juga desa-desa lain di lingkup Kecamatan Pulau Sebuku,” kata Ibnu.
 
Pihaknya akan mengupayakan lagi bantuan serupa untuk desa-desa lainnya, terutama di kecamatan- kecamatan yang belum terdapat pemadam kebakaran, seperti Pulau Laut Timur, Pulau Laut Selatan, Kelumpang Tengah, dan Sampanahan.
 
Sebelumnya di wilayah Kecamatan Pulau Sebuku yang terdiri dari delapan desa, juga belum ada satu pun desa yang memiliki unit BPK. Dengan adanya bantuan ini, kini di Desa Rampa sudah terbentuk BPK Balakar Sejati.
 
Baca juga: Hundreds houses in remote Kotabaru assisted with solar lights

“Kami sangat senang karena memang ini sudah diharapkan masyarakat sejak lama,” ujar Kepala Desa Rampa Ilham.
 
Ditambahkannya, selama ini jika ada kebakaran warga hanya bisa memadamkan api seadanya dengan mengambil air dari rumah masing-masing.
 
“Di Desa Rampa sendiri setiap tahun nyaris selalu ada musibah kebakaran, terlebih di musim kemarau potensi kebakaran biasanya meningkat,” tandasnya.

Baca juga: KRI Dewa Kembar 932 visits Kotabaru again

Pewarta: M. Shohib

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019